Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 7 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Setiap negara memiliki jumlah penduduk yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Indonesia salah satunya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 28 September 2022  |  06:30 WIB
Ini 7 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia
7 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia bahkan jumlahnya mencapai jutaan hingga milyaran jiwa.

Menurut data dari PBB secara berurutan negara dengan jumlah penduduk terbesar masih diduduki oleh China, India, dan Amerika Serikat.

Selain ketiga negara di atas, masih ada beberapa negara yang memiliki penduduk paling banyak di dunia. Negara mana sajakah itu? Berikut daftarnya. 

Negara dengan Penduduk Terbanyak

1. China

Negara yang memiliki jumlah penduduk terpadat di dunia yang pertama ada negara China. Pada tahun 2021 penduduk China mencapai 1.444 miliar jiwa dengan luas wilayah kota Beijing mencapai 9.597 juta km². Meskipun jumlah penduduk China tergolong sangat besar tetapi persentase pertumbuhannya tergolong rendah yaitu hanya 0,29% saja pertahunnya.

2. India

Negara selanjutnya yang menjadi negara dengan penduduk terbanyak di dunia ada negara India. Negara ini menduduki posisi kedua setelah negara China sebagai negara terpadat penduduk dengan jumlah penduduk 1.393 miliar jiwa pada tahun 2021.

Pertumbuhan penduduk negara India ini lebih besar daripada China yaitu sebesar 0,95% tiap tahunnya. India diperkirakan akan dapat menyusul China di posisi pertama.

3. Amerika Serikat

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia selanjutnya yaitu negara Amerika Serikat. Negara ini memiliki jumlah penduduk 330 juta jiwa pada tahun 2021. Persentase pertumbuhan penduduknya lebih besar dari negara china yaitu 0,5 puluh tujuh persen tiap tahun.

Setidaknya ada 4 kota di Amerika Serikat dengan jumlah penduduk paling padat yaitu ada Los Angeles, New York City, Chicago, dan Las Vegas.

4. Indonesia

Negara selanjutnya yang masuk ke daftar negara dengan penduduk terpadat di dunia ada negara Indonesia. Negara kita memiliki jumlah penduduk kurang lebih 276 juta jiwa. Indonesia merupakan negara dengan puluhan provinsi dan rata-rata pertumbuhan penduduk sangat tinggi yaitu mencapai 1% tiap tahunnya. Angka tersebut tertinggi dibandingkan dengan negara lainnya. 

5. Pakistan

Posisi kelima yang menduduki negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ada negara Pakistan. Pakistan merupakan negara yang letaknya ada di Asia Selatan dan berbatasan dengan China di sebelah utara serta berbatasan dengan negara India di sebelah timur.

Pakistan memiliki jumlah penduduk sekitar 225 juta jiwa. Penduduk Pakistan mayoritas beragama Islam dengan persentase mencapai 97%. 

6. Nigeria

Negara yang menduduki posisi keenam sebagai negara dengan penduduk terbanyak yaitu Nigeria. Negara ini memiliki populasi penduduknya mencapai 211 juta jiwa. 

Persentase penduduk pertumbuhan penduduk dari negara ini cukup tinggi yaitu 2,53% tiap tahunnya. Nigeria memiliki luas wilayah sekitar 30,37 juta km². Mayoritas penduduk yang ada di Nigeria beragama Kristen dengan persentase sekitar 51% dan agama Islam sekitar 40%.

Tak hanya sebagai negara yang padat penduduknya, tetapi Nigeria juga termasuk negara paling maju di benua Afrika.

7. Brasil

Brasil menempati posisi ketujuh sebanyak negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Negara ini memiliki penduduk sekitar 213 juta jiwa. Meskipun penduduknya padat tetapi berhasil ini tergolong memiliki persentase pertumbuhan penduduk yang rendah yaitu sekitar 0,64% saja.

Brasil diketahui menjadi negara pertama yang ada di Amerika Latin yang pernah memindahkan ibukota. Pada tahun 1960 ibu kota Brasil ini pindah dari Rio de Janeiro ke Brasília.

Itulah daftar negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Indonesia ternyata menduduki peringkat keempat untuk kategori negara yang padat penduduk. Hal tersebut bisa menguntungkan apabila seluruh sumber daya manusianya produktif dan bisa berkontribusi lebih untuk kemajuan negara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penduduk sejarah indonesia negara
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top