Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 7 Negara Yang Tidak Pernah Dijajah di Dunia, Ada Thailand

Penjajahan merupakan hal yang dirasakan banyak negara. Tapi ternyata, ada beberapa negara yang tidak pernah dijajah. Ini daftarnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 27 September 2022  |  13:54 WIB
Simak 7 Negara Yang Tidak Pernah Dijajah di Dunia, Ada Thailand
7 Negara Yang Tidak Pernah Dijajah, Thailand Salah Satunya (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penjajahan menjadi hal yang tak asing bagi kita. Bangsa Indonesia pernah mengalaminya hingga ratusan tahun lamanya. Namun ternyata, di dunia ini ada beberapa negara yang tidak pernah dijajah.

Pada kesempatan kali ini, kita akan menampilkan daftar negara yang tidak pernah mengalami penjajahan. Simak daftarnya berikut ini.

Daftar Negara yang Tidak Pernah Dijajah di Dunia

Penjajahan atau kolonialisme dari kata colonia yang dalam Bahasa Latin berarti pemukiman. Maka dari itu, penjajahan adalah upaya negara lain untuk menambah wilayah kekuasaannya dengan cara menduduki negara lain. 

Akan tetapi, tidak semua negara pernah mengalami penjajahan. Ada juga negara yang tidak pernah dijajah di dunia ini. Berikut daftar negara yang tidak pernah dijajah. 

1. Denmark

Negara pertama yang tidak pernah dijajah adalah negara Denmark. Denmark merupakan negara yang terletak di sebelah barat daya Swedia dan sebelah selatan Norwegia. 

Denmark termasuk negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain dan juga tidak pernah menjajah bangsa lain. Pada saat perang dunia pertama, Denmark memilih untuk menjadi negara yang netral. Hal tersebut yang menjadikan Denmark tidak terlibat dalam penjajahan.

Negara ini juga termasuk negara yang aman dengan tingkat kesejahteraan tinggi. Denmark memiliki masyarakat yang sangat bertanggung jawab. Kedua hal tersebut yang mendukung tingkat kebahagiaan dan keselamatan negara Denmark lebih tinggi. 

2. Ethiopia

Ethiopia merupakan negara selanjutnya yang tidak pernah dijajah. Negara ini menjadi negara tertua yang ada di benua Afrika. Dalam sebuah jurnal disebutkan bahwa eksistensi negara Ethiopia ini sudah ada sejak kerajaan Aksum atau sekitar abad 8 SM. 

3. Arab Saudi

Selanjutnya, ada Arab Saudi yang masuk dalam daftar negara yang tidak pernah dijajah. Salah satu alasan yang membuat Arab Saudi karena sebagian besar wilayah Arab Saudi merupakan gurun tandus. Kontur tanah yang pasir gersang dan iklimnya yang panas membuat negara lain tidak tertarik untuk menjajah Arab Saudi ini.

4. Thailand

Thailand merupakan menjadi negara ASEAN yang tidak pernah dijajah. Hal ini dikarenakan pemerintahan Thailand sudah terbuka dengan negara-negara asing sehingga membuat negara ini tidak dijajah oleh bangsa lain. Alasan lainnya karena negara ini tidak memiliki tanah yang subur sehingga negara lain menjadi kurang tertarik untuk menjajah negara.

5. Jepang

Jepang juga negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Jepang justru menjajah bangsa lain termasuk juga Indonesia. Meskipun tidak pernah dijajah, tetapi Jepang pernah diserang oleh Amerika dengan menggunakan bom atom.

Peristiwa tersebut sempat membuat Jepang terpuruk. Namun tak lantas membuat negara ini tertinggal. Saat ini, Jepang justru menjadi salah satu negara maju yang kehadirannya sangat diperhitungkan dalam berbagai sektor. 

6. Nepal

Nepal merupakan negara selanjutnya yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lainnya. Nepal merupakan negara yang ada di antara Tiongkok dan India. Sejak tahun 1768 Nepal sudah berdiri sebagai kerajaan. 

Pada tahun 2008, Nepal resmi menjadi sebuah negara republik. Hal inilah yang membuat Nepal tidak pernah dijajah oleh bangsa lain karena mendapat perlindungan dari negara Inggris.

7. Bhutan

Negara selanjutnya yang tidak pernah dijajah adalah negara Bhutan. Negara ini terletak di antara Tiongkok dan India. Salah satu yang menyebabkan negara Bhutan ini tidak dijajah oleh bangsa lain karena negaranya yang cukup terisolir sehingga akan sulit untuk menyerang negara ini.

Raja dari negara Bhutan juga sangat sederhana serta baik hati sehingga tidak menyukai konflik dengan bangsa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara sejarah denmark thailand
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top