Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 8 Kota Kuno yang Tertua di Dunia

Berikut deretan kota kuno di dunia yang memiliki sejarah panjang dan masih dihuni orang.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 September 2022  |  07:23 WIB
Ini 8 Kota Kuno yang Tertua di Dunia
Athena Yunani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada begitu banyak kota kuno di seluruh dunia yang masih berdiri dan dihuni manusia hingga saat ini.

Kota-kota kuno tersebut, memliki banyak sejarah yang tidak terlupakan.

Kota ini juga menunjukkan bagaimana peradaban manusia selama bertahun-tahun telah membentuk mereka. Meskipun mereka memiliki arsitektur yang luar biasa dan indah, hanya beberapa kota kuno yang berhasil bertahan.

Berikut daftar kota-kota kuno di dunia yang masih dihuni manusia hingga saat ini.

1. Damaskus, Suriah

Diyakini secara luas sebagai salah satu kota tertua dan terus berpenghuni di dunia, Damaskus memiliki bukti tempat tinggal yang berasal dari sekitar 10.000 hingga 8.000 SM. Itu selalu menjadi target ideal banyak penakluk dan raja, dan juga berfungsi sebagai wilayah pemukiman penting bagi orang Aram, yang menurut laporan, bertanggung jawab untuk menerapkan sistem jaringan air modern. Kota ini kemudian ditaklukkan oleh Alexander Agung.

2. Faiyum, Mesir

Dilaporkan, kota Faiyum di Mesir telah menjadi rumah bagi pemukiman manusia selama ribuan tahun, termasuk kota kuno Shedet. Daerah tersebut dilaporkan mendukung komunitas agraris mulai sekitar 5000 SM, meskipun ukuran populasinya tampaknya berkurang seiring waktu karena berbagai alasan, kemudian akhirnya kembali lagi sekitar 4000 SM.

3. Athena, Yunani

Athena jelas merupakan salah satu kota tertua dan terus dihuni di dunia dan menawarkan sejarah tempat tinggal yang dapat ditelusuri kembali jauh sebelum zaman Socrates, Plato, dan Aristoteles. Itu juga disebut sebagai rumah filsafat kuno dan tempat kelahiran peradaban Barat. Jika menurut laporan, Athena telah terus dihuni sejak 5000 SM, atau mungkin sejak 7000 SM. Beberapa monumen kuno namun paling terkenal yang ditemukan di sini adalah Erechtheion, Acropolis—Parthenon, dan Propylaea, yang semuanya dibangun pada abad kelima SM.

4. Shush, Iran

Sebelumnya, tempat ini dikenal sebagai kota kuno Susa, di mana Shush adalah bagian yang tersisa dari daerah ini dan kabarnya terus dihuni sejak sekitar 5000 hingga 4000 SM. Tempat ini juga disebutkan dalam Kitab Ester dalam Alkitab, yang disebut sebagai Shushan. Tempat ini juga mendapat tag sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena jejak monumen, termasuk istana, telah ditemukan di sini.

5. Byblos, Lebanon

Diyakini telah didirikan sekitar 5000 SM, tempat ini menerima nama Byblos dari orang Yunani, yang biasa mengimpor papirus dari kota. Ini adalah permata tempat bagi para arkeolog karena menampung lapisan puing berturut-turut yang dihasilkan dari tempat tinggal manusia selama berabad-abad. Jika menurut laporan, pemukiman manusia pertama muncul kira-kira pada 6230 SM, sedangkan selama milenium ketiga SM, tanda-tanda pertama sebuah kota dapat dilacak.

6. Varanasi, India

Disebut sebagai Ibukota Spiritual India, tempat ini membanggakan sejarah yang berasal dari abad ke-11. Peziarah dari seluruh dunia mengunjungi tempat suci ini, sedangkan malam Gangga Aarti adalah pengalaman yang harus disaksikan setidaknya sekali seumur hidup. Juga, getaran dan energi ghats memiliki sesuatu yang tidak akan bisa Anda lupakan untuk waktu yang lama.

7. Yerusalem, Israel

Diyakini berusia sekitar 4.000 hingga 5.000 tahun, Yerusalem memegang tempatnya sendiri di dunia karena telah menjadi saksi perpaduan budaya tiga agama, yang masih disaksikan di sini. Sesuai catatan, sumber sejarah dari tiga agama, Islam, Kristen, dan Yudaisme, ditemukan di sini. Menariknya, tempat ini memiliki sejarah perjuangan yang panjang, namun berhasil bertahan hingga saat ini. Jika kita mengikuti apa yang ditulis oleh Sejarawan Eric H. Klein, kota ini menyaksikan kehancuran setidaknya dua kali, telah diserang 52 kali, dan dikepung 23 kali.

8. Plovdiv, Bulgaria

Sejarah Plovdiv membentang selama 6.000 tahun, dan memiliki jejak pemukiman Neolitik yang berasal dari sekitar 4000 SM. Awalnya adalah kota berbenteng Thracian, yang kemudian jatuh ke tangan Ottoman dan Bizantium. Sebuah pusat penting dari banyak peninggalan kuno, tempat ini juga merupakan rumah bagi saluran air Romawi, amfiteater, bersama dengan pemandian Ottoman. Jika ditelusuri sejarahnya, terlihat bahwa dahulunya didominasi oleh Bizantium dan Ottoman, dan akhirnya ditaklukkan oleh Bulgaria pada tahun 815.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

benda kuno kota tertua di dunia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top