Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 5 Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Teh merupakan tumbuhan yang biasanya diolah menjadi minuman. Teh sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Berikut daftar negara penghasil teh terbesar di dunia
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 25 September 2022  |  11:46 WIB
Simak 5 Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?
5 Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia, Cina Nomor Satu (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teh merupakan salah satu komoditas perkebunan yang penting. Bahkan, ada beberapa negara penghasil teh terbesar di dunia. Negara mana sajakah itu? Ini daftarnya khusus untuk Anda. 

Daftar Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia

Teh merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Bahkan, teh sering menjadi minuman rutin di pagi hari. Teh berasal yang sering diminum tiap hari bahkan jadi salah satu minuman utama di pagi hari. 

Di Indonesia teh biasa diolah menjadi minuman segar yang dikonsumsi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan, teh selalu ada disetiap acara penting. Teh yang dipasarkan biasanya sudah dalam bentuk kering dan siap digunakan. 

Tak hanya menjadi minuman yang menyegarkan, di beberapa negara teh bahkan berperan penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Lalu, negara mana saja yang dapat menghasilkan teh terbanyak di dunia? Berikut ini 5 negara penghasil teh di dunia.

1. China

Negara pertama yang menjadi negara penghasil teh terbesar di dunia yaitu negara Cina. Negara ini masuk ke dalam daftar negara penghasil teh terbesar di dunia karena produksinya lebih dari 2 juta ton teh. 

Teh merupakan salah satu tanaman yang penting untuk membangun ekonomi dan kehidupan sehari-hari dalam suatu negara. China terkenal memiliki paling banyak jenis teh dan yang paling populer dari Cina yaitu ada teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

2. India

Negara penghasil teh terbesar di dunia selanjutnya ada negara India. India merupakan salah satu negara di Asia dan negara ini bisa menghasilkan teh sebanyak 1,2 juta ton teh. 

India memiliki iklim yang sempurna untuk budidaya teh. Kualitas teh yang dihasilkan India juga tidak kalah dengan kualitas teh dari Cina. Seperti halnya negara lain teh juga menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari di negara ini. 

3. Kenya

Negara penghasil teh selanjutnya ada negara Kenya. Kenya menghasilkan teh dengan jumlah banyak yaitu 432.400 ton. Tingkat produksi tersebut membuat negara ini masuk ke daftar nomor 3 penghasil teh terbanyak di dunia. 

Bahkan negara ini memiliki lebih dari 500.000 petani dengan skala kecil yang menanam teh. Negara ini memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu dekat dengan khatulistiwa sehingga sinar matahari yang cukup dan sangat optimal untuk budidaya teh.

4. Sri Lanka

Sri Lanka menjadi negara nomor empat yang mampu menghasilkan teh terbanyak. Produktivitas teh di negara ini sangat besar yaitu 390.230 ton. Salah satu jenis teh yang sangat terkenal di negara Sri Lanka yaitu teh Ceylon. 

Padahal sebelumnya negara ini merupakan negara penghasil kopi terbanyak tetapi kemudian beralih sebagai negara penghasil teh setelah adanya penyakit mematikan yang menyerang tanaman kopi mereka.

5. Vietnam

Negara selanjutnya menjadi negara penghasil teh terbesar di dunia yaitu negara Vietnam. Produktivitas tanaman dari negara ini dapat mencapai 214.300 ton. Salah satu jenis teh yang ada di negara ini yaitu teh Lotus atau teh teratai. Jenis teh ini sangatlah unik karena terbuat dari campuran teh hijau dan bunga teratai, sehingga menghasilkan aroma unik seperti bunga teratai.

Itulah daftar 5 negara penghasil teh terbanyak di dunia. Lalu dimanakah posisi dari negara Indonesia? Indonesia sendiri menempati posisi ke-8 besar dengan hasil 148.100 ton teh dan berhasil masuk ke 10 besar sebagai negara penghasil terbanyak di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teh indonesia negara Negara Penghasil
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top