Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar 5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Mana saja?

Berlian merupakan perhiasan yang banyak diminati karena harganya sangat mahal. Berikut ini sejumlah negara penghasil berlian terbesar di dunia.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 25 September 2022  |  12:02 WIB
Ini Daftar 5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Mana saja?
5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Negara Mana Saja_ (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu batu permata yang harganya mahal yaitu berlian. Perhiasan berharga ini ternyata dihasilkan dari hasil tambang yang prosesnya panjang. Berikut ini beberapa negara penghasil berlian terbesar di dunia. 

Negara yang Menjadi Penghasil Berlian Terbesar di Dunia
Berlian merupakan salah satu batu permata yang paling sering digunakan untuk perhiasan seperti cincin ataupun perhiasan kalung. Ternyata berlian ini terbentuk pertama kali 900 tahun lalu dan ditemukan Sebelum Masehi tepatnya di abad ke-4. 

Berlian ini memiliki kilauan yang sangat indah. Hal ini menjadikan berlian dimanfaatkan untuk perhiasan. Sebanyak 80% berlian yang di tambang digunakan untuk keperluan industri dan penelitian. 

Menurut NS Energy Business, berikut ini lima negara yang menjadi penghasil berlian terbesar di dunia. 

1. Rusia

Negara pertama sebagai negara penghasil berlian terbesar di dunia ada Rusia yang memiliki lebih dari 12 tambang terbuka. Penambangan berlian di negara Rusia ini sudah mulai sejak 1947 hingga kini Rusia berada di puncak produsen berlian terbesar di dunia. 

Tahun 2014, Rusia menambang 38-39 juta karat berlian dan terus mengalami peningkatan hingga tahun 2018 berhasil meningkat menjadi 43 juta karat. Bahkan negara Rusia ini diperkirakan memiliki cadangan berlian sebanyak 608 juta karat. 

2. Botswana

Negara penambang berlian terbesar di dunia yang menduduki posisi nomor dua ada negara Botswana. Negara yang terletak di Afrika kini ada di urutan kedua dengan nilai ekspor sudah mencapai $9,65 miliar. 

Penambangan resmi di negara ini baru dimulai tahun 1971 dan sudah menempati urutan kedua setelah negara rusia. 

Orapa dan Jwaneng yang merupakan dua tambang berlian yang ada di negara Botswana dan termasuk yang produktif di dunia. Jwaneng bahkan berhasil menghasilkan berlian rata-rata juta karat tiap tahunnya.

3. Republik Kongo

Republik Kongo menempati posisi ketiga sebagai negara penghasil berlian terbesar di dunia. Ada sekitar 700.00 penambang artinasal di Republik Kongo. Produksi berlian di negara ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan negara Republik Kongo hanya melakukan penambangan skala kecil saja.

4. Australia

Selanjutnya ada negara Australia yang menduduki posisi keempat sebagai negara penghasil berlian terbanyak di dunia. Berlian yang dihasilkan oleh negara Australia ini mayoritas memiliki kejernihan dan warna rendah. 

Tambang berlian yang ada di Australia ini sudah memulai tambahannya sejak tahun 1981 dan berhasil menambang jutaan karat di tiap tahunnya. 

Wilayah Argyle merupakan salah satu wilayah tambang besar yang ada di Kimberly Timur dan menghasilkan 12 juta karat berlian tiap tahun. Selain Argyle, yang menjadi daerah penghasil tambang berlian terbesar di Australia yaitu Ellendale dan Merlin.

5. Kanada

Negara dengan tambang berlian terbesar di dunia selanjutnya ada negara Kanada. Negara ini sudah mulai menambag dari tahun 1998. Setelah itu, mereka menemukan adanya kandungan berlian di pipa wilayah barat laut pada tahun 1991. 

Meskipun tergolong baru, namun Kanada sudah berhasil menduduki peringkat ke-5 sebagai negara penghasil berlian terbesar di dunia. Kanada sudah berhasil mengekstrak 10,6 juta karat berlian dengan nilai $1,9 miliar. 

Bahkan di tahun 2018, negara Kanada sudah berhasil memproduksi hingga 23 juta karat dengan nilai $2,7 miliar termasuk peningkatan yang sangat pesat selama 5 tahun.

Itulah 5 negara yang masuk ke dalam daftar negara yang menghasilkan berlian terbanyak di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

berlian negara Negara Penghasil
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top