Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Candi Ratu Boko, dari Piknik hingga Menikmati Matahari Terbenam

Empat destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika liburan di Candi Ratu Boko, Yogyakarta.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 22 September 2022  |  12:01 WIB
Jelajah Candi Ratu Boko, dari Piknik hingga Menikmati Matahari Terbenam
Foto: Candi Ratu Boko Shutterstock / Oberoy
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Yogyakarta memang selalu menyimpan kesan tersendiri. Magnet kekayaan budaya, sejarah, dan lanskap alam di kota ini selalu saja menarik minat wisatawan untuk kembali berkunjung, terutama saat musim liburan tiba. Jika ingin berkunjung ke Yogyakarta, Anda bisa pesan hotel online di Pegipegi untuk mendapatkan hotel murah di Jogja yang tak jauh dari berbagai tempat wisata populer.

Nah, salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika liburan ke Yogyakarta adalah Candi Ratu Boko. Situs ini terdiri dari kompleks bangunan yang berasal dari abad ke-8 hingga abad ke-10. Area situs Candi Ratu Boko terdiri dari beberapa bagian, yaitu gerbang utama, Candi Pembakaran, paseban, pendopo, Goa Lanang, dan Goa Wadon, Candi Batu Putih, serta keputren. 

Selama di Candi Ratu Boko, ada empat aktivitas wisata menarik yang bisa Anda lakukan. Berikut rekomendasinya dari Pegipegi:

  1. Piknik di Gazebo
    Saat Anda memasuki gerbang utama kawasan candi, ada sejumlah gazebo yang bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk beristirahat sejenak sembari menikmati kemegahan suasana. Biasanya, wisatawan memesan paket piknik dengan harga mulai dari Rp85.000 per orang untuk mendapatkan tiket masuk; sejumlah hidangan camilan dan minuman, seperti dimsum, pisang bakar, kroket; wedang boko; air mineral dan tikar. Sekadar info, Anda bisa menghubungi pihak pengelola maksimal H-1 jika tertarik memesan paket piknik tersebut.
  2. Menikmati Sunset
    Ada satu hal istimewa yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke candi ini. Situs Ratu Boko merupakan lokasi yang menarik untuk menikmati panorama matahari terbenam. Di sini, Anda bisa melihat pesonanya langsung di tengah-tengah gerbang utama candi. Untuk mendapatkan momen istimewa ini, ada baiknya Anda datang pada sekitar bulan Februari, Maret, dan pertengahan tahun. Sebab, akhir tahun biasanya Indonesia akan dilanda musim hujan.
  3. Berburu Foto Cantik
    Kemegahan Candi Ratu Boko rasanya patut diabadikan lewat kamera. Anda bisa mengambil spot di gerbang utama untuk pengambilan foto, lantaran spot ini bisa mendukung visual potret. Alternatif lainnya, Anda bisa berkunjung ke gardu pandang dan Candi Pembakaran yang tak jauh dari gerbang utama.
  4. Jelajah Area Situs
    Selain bangunan bersejarah, kawasan Ratu Boko memiliki toko cendera mata, lahan parkir, dan Plaza Andrawina yang menjadi tempat pertemuan serta pernikahan. Anda bisa menjelajah lebih jauh dari gerbang utama ke paseban dan seterusnya. Jaraknya memang cukup jauh, dan Anda perlu naik serta turun tangga. Namun, perjuangan Anda tak akan sia-sia karena akan melihat pemandangan menarik yang sayang jika dilewatkan.

Sebagai informasi tambahan, Candi Ratu Boko dibuka untuk umum pada pukul 09.00–17.15 WIB.  Adapun untuk memasuki kawasan ini, per orang akan dikenakan tiket masuk mulai dari Rp40.000 (dewasa) dan Rp20.000 (anak-anak).

Itu dia empat aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama di Candi Ratu Boko. Semoga bisa menjadi inspirasi dan selamat liburan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogyakarta pegipegi Liburan traveling
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top