Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 7 Negara Terpanas di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Beberapa negara memiliki suhu udara yang cukup tinggi. Bahkan, ada juga yang mendapat julukan sebagai negara terpanas di dunia. Ini daftar selengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 21 September 2022  |  19:45 WIB
Simak 7 Negara Terpanas di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?
7 Negara Terpanas di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk_ (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara terpanas di dunia merupakan sebutan untuk negara yang suhu rata-ratanya tinggi. Setiap negara tentu saja memiliki iklim yang berbeda-beda tergantung dari letak geografis negara tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa negara terpanas yang ada di dunia versi World Population Review.

Negara Paling Panas di Dunia

1. Mali

Negara terpanas di dunia yang pertama yaitu ada negara Mali. Negara ini memiliki suhu rata-rata 28,83 derajat Celcius. Negara ini termasuk negara dengan iklim panas dan kering. Negara ini memiliki curah hujan yang sangat sedikit. 

Negara yang ada di Afrika Barat ini punya daerah bagian tengah yang semi kering. Meskipun demikian, tetap panas dan kering sepanjang tahunnya.

2. Burkina Faso

Negara terpanas di dunia selanjutnya yaitu negara Burkina Faso. Suhu rata-rata mencapai 28,71 derajat Celcius. 

Negara ini merupakan salah satu negara yang memiliki iklim sabana tropis sedikit hangat tiap tahunnya. Pada saat negara ini memasuki musim kemarau, maka cuaca panas yang ada di negara ini akan sangat panjang dan juga musim hujannya relatif lebih singkat.

3. Senegal

Negara selanjutnya yang diketahui memiliki cuaca paling panas yaitu negara Senegal. Suhu di negara ini mencapai 28,65 derajat Celcius. Negara ini punya iklim tropis yang memiliki suhu sangat panas sepanjang tahunnya. 

Negara ini termasuk negara terpanas di urutan ketiga di dunia tetapi curah hujan di negara ini masih relatif tinggi dibandingkan negara sebelumnya. Sebagian jenis tanah di negara ini termasuk tanah yang lembab.

4. Tuvalu

Negara selanjutnya yang termasuk negara terpanas di dunia yaitu ada negara Tuvalu dengan suhu rata-rata mencapai 28,45 derajat Celcius. Negara ini dahulu dikenal juga dengan kepulauan Elis.Negara ini terletak di antara Hawaii dan Australia yang ada di Samudra Pasifik. Negara ini memiliki iklim yang tropis dan juga curah hujan yang cukup teratur.

5. Djibouti

Negara selanjutnya yang merupakan negara terpanas di dunia yaitu ada Djibouti dengan suhu mencapai 28,38 derajat Celcius. Negara ini merupakan negara yang ada di benua Afrika dan masuk ke daftar negara paling panas nomor 5 di dunia. Negara ini beriklim gurun yang panas dan juga gersang.

6. Mauritania

Negara terpanas di dunia selanjutnya yaitu Mauritania yang memiliki suhu rata-rata mencapai 28,34 derajat Celcius. Negara ini termasuk wilayah Afrika Barat. Negara ini berbatasan langsung dengan samudra Atlantik di bagian barat, berbatasan dengan Maroko Sahara Barat di bagian utaranya, dan berbatasan dengan Malaysia di bagian Timur serta Tenggara. 

Negara ini termasuk negara yang memiliki dataran luas dan juga gersang bahkan sekitar tiga perempatnya merupakan gurun.

7. Bahrain

Di posisi ketujuh ada Bahrain yang menjadi negara terpanas di dunia. Bahrain memiliki suhu mencapai 28,23 derajat Celcius. Negara ini termasuk negara dengan iklim kering gersang. Dataran gurun sangat mendominasi di negara Bahrain ini. 

Bahkan negara ini juga sering tiba-tiba mengalami badai debu pada saat musim kemarau tiba. Curah hujan di negara Bahrain juga termasuk sangat minim dan juga hanya turun pada saat musim dingin tiba saja. 

Itulah beberapa negara terpanas di dunia versi World Population Review di tahun 2021. Meskipun Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis tapi Indonesia tidak masuk ke dalam daftar tersebut. Hal ini tersebut dikarenakan curah hujan di Indonesia masih cukup tinggi terutama di bulan-bulan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara panas sejarah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top