Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 5 Negara Terbersih di Dunia, Patut untuk Dicontoh

Kebersihan merupakan hal yang penting bagi makhluk hidup. Berikut ini sejumlah negara terbersih di dunia yang bisa menjadi contoh untuk negara lain.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 21 September 2022  |  10:46 WIB
Simak 5 Negara Terbersih di Dunia, Patut untuk Dicontoh
5 Negara Terbersih di Dunia, Patut untuk Dicontoh (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara terbersih di dunia merupakan negara yang memiliki skor kualitas udara tinggi dan kondisi lingkungan yang menunjang kesehatan manusia.

Negara-negara tersebut sangat ramah terhadap kesehatan manusia, karena bisa mengurangi kemungkinan masyarakat terkena partikel berbahaya dan polusi udara.

Kualitas udara menjadi hal yang penting bagi makhluk hidup khususnya manusia. Pasalnya, banyak manusia yang mengalami gangguan kesehatan akibat kualitas udara yang tidak bersih. 

Maka dari itu, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum pindah atau berkunjung ke sebuah tempat yaitu terkait kualitas udara yang dimiliki. Adapun beberapa negara yang paling bersih karena kualitas udaranya yang baik, seperti berikut. 

Urutan Negara Paling Bersih di Dunia

1. Denmark

Negara pertama yaitu menjadi negara paling bersih di dunia yaitu negara Denmark. Negara ini memiliki skor The Environmental Performance Index (EPI) atau Indeks Kinerja Lingkungan sebesar 82,5. 

Denmark merupakan negara terbersih dan merupakan negara yang paling ramah lingkungan. Denmark masuk ke urutan pertama karena skornya yang tinggi di beberapa kategori yaitu pada kategori pengolahan limbah 99,8, pengolahan air limbah 100, dan juga indeks perlindungan spesies dengan nilai 100.

Bahkan negara ini juga terkenal karena kebijakan yang efektif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan juga pencegahan perubahan iklim yang terjadi.

2. Luksemburg

Negara selanjutnya yang merupakan negara paling bersih di dunia yaitu Luksemburg. Negara ini memiliki jumlah penduduk kecil yaitu 600.000 orang saja. Meskipun jumlah penduduknya sedikit, negara ini memiliki skor EPI yang tinggi yaitu di 82,3. 

Negara merupakan negara yang sebagian besar daerahnya adalah hutan lebat, pedesaan, serta alam. Bahkan negara ini memiliki skor sanitasi sempurna yaitu 100, emisi polusi 100, dan air minum 97,7 sungguh mengesankan bukan?

3. Swiss

Negara selanjutnya yang merupakan negara terbersih di dunia yaitu Swiss dengan total EPI 81,5. Negara ini mendapatkan skor tinggi untuk sanitasi 100 dan air minum 100. Tak hanya itu, indeks perlindungan spesies negara ini bahkan menyamai skor dari Denmark. 

Tak heran jika Swiss juga dikenal sebagai negara yang memiliki air bersih dan juga satwa liar yang sangat melimpah. Negara Swiss ini termasuk negara yang hebat dalam penanganan air bersih dan juga satwanya.

4. Inggris Raya

Negara terbersih di dunia selanjutnya yaitu Inggris Raya dengan skor EPI 81,3. Skor ini termasuk mengesankan karena Inggris Raya termasuk negara dengan jumlah penduduk 66,52 juta populasi penduduk. Negara Inggris ini memiliki nilai yang sempurna untuk emisi polusi, air minum, dan sanitasi yaitu 100.

5. Prancis

Negara ini berhasil menjadi negara terbersih di dunia meskipun populasi penduduknya sangat besar. Tentu saja, ini menjadi salah satu contoh untuk negara-negara lain dengan populasi penduduk yang besar untuk tetap menjaga kualitas yang baik bagi masyarakatnya.

Prancis ini memiliki skor EPI 80 poin. Perancis juga menjadi negara paling bersih karena sumber energi utama yang digunakan 80% dari nuklir. Hal ini ternyata mampu untuk mengurangi emisi karbon pada negara tersebut secara signifikan. 

Bahkan negara Prancis ini juga melarang supermarket untuk membuang makanan yang tak terpakai lagi secara sembarangan dan juga memasang turbin di sungai.

Itulah daftar 5 negara terbersih di dunia dengan kualitas udara dan air yang baik. Negara-negara tersebut bisa Anda pertimbangkan untuk dikunjungi atau ditinggali dan menjadi contoh untuk negara-negara lain yang masih mengalami masalah kebersihan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara sejarah denmark inggris
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top