Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia 6 Negara Terdingin di Dunia, Rusia Posisi Pertama

Setiap tempat memiliki suhu dan iklim yang berbeda-beda. Bahkan, ada beberapa tempat yang disebut sebagai negara terdingin di dunia. Ini penjelasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 21 September 2022  |  14:25 WIB
Ini Dia 6 Negara Terdingin di Dunia, Rusia Posisi Pertama
6 Negara Paling Dingin di Dunia, Rusia Ada di Posisi Pertama (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara terdingin di dunia bisa jadi tempat tujuan wisata bagi Anda yang ingin suasana baru dari panasnya Indonesia. Berlibur ke negara paling dingin ini bisa jadi pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan. 

Negara Paling Dingin di Dunia

Sebagai pengetahuan, di Bumi ini ada dua buah kutub yaitu Kutub Utara dan Kutub Selatan. Keberadaan kedua kutub ini membuat negara yang berdekatan dengannya memiliki suhu dan iklim yang lebih dingin dibandingkan dengan negara yang jauh dari kedua kutub ini.

Lantas, negara mana yang memiliki suhu paling dingin di dunia? Berikut beberapa negara paling dingin di dunia yang perlu diketahui.

1. Rusia

Negara paling dingin di dunia nomor satu yaitu ada Rusia. Negara ini pernah mencapai suhu -67,7 derajat Celcius pada tahun 1933. Tempat yang memiliki suhu tersebut yaitu Oymyakon. Oymyakon merupakan salah satu kutub dingin yang berada di distrik Republik Sakha, Rusia dan termasuk daerah terpencil. 

Oymyakon memiliki udara dingin yang sifatnya permanen. Selama musim dingin cuaca yang ada di daerah ini juga sangatlah ekstrem. Cuaca yang sangat ekstrem membuat ponsel masyarakat sulit digunakan karena baterainya membeku akibat suhu yang terlalu dingin. 

2. Greenland

Greenland juga menjadi negara paling dingin di dunia. Greenland merupakan negara kepulauan yang letaknya ada di Samudra Atlantik Utara. 

Banyak yang terkecoh dengan nama Greenland dan menganggap bahwa Greenland ini merupakan rumputan hijau tetapi ternyata anggapan tersebut salah. Greenland justru negara yang 80% wilayahnya tertutup oleh lapisan es dan gletser. 

Greenland pernah mencapai suhu terendahnya yaitu -66,1 derajat Celcius di tahun 1954. Suhu tersebut merupakan suhu terdingin kedua di dunia setelah Oymyakon, Rusia.

3. Kanada

Kanada merupakan negara selanjutnya yang memiliki suhu terdingin di dunia. Kanada terletak di Amerika Utara dan punya 10 provinsi serta tiga wilayah ibu kota. 

Kanada memiliki jumlah penduduk sebanyak 38 juta penduduk dan menjadikan Kanada sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Suhu terdingin dari negara Kanada yaitu mencapai -63 derajat Celcius tepatnya di daerah Snag, Yukon di tahun 1947.

4. Amerika Serikat

Negara terdingin selanjutnya yaitu negara Amerika Serikat. Ternyata pada tahun 1971 tepatnya pada tanggal 23 Januari suhu terendah yang ada di negara Amerika mencapai -62,2 derajat Celcius. Wilayah yang memiliki suhu paling dingin di Amerika pada saat itu yakni Prospect Creek Camp dekat dengan lingkaran Arktik yang ada di Alaska. 

5. China

Negara terdingin dingin selanjutnya yaitu negara China. Suhu terendah yang pernah dimiliki oleh negara China yaitu -58 derajat Celcius tepatnya ada di daerah Genhe Mongolia Dalam yang terjadi pada 31 Desember 2009.

6. Mongolia

Negara paling dingin di dunia selanjutnya yaitu negara Mongolia. Negara ini berada di kawasan Asia bagian Timur. Mongolia ini berbatasan dengan Rusia di bagian utaranya dan berbatasan dengan China di bagian Selatan. Suhu terendah yang pernah dimiliki oleh negara ini yaitu mencapai -55,3 derajat Celcius pada Desember tahun 1976.

Itulah beberapa negara terdingin di dunia yang ada di dunia. Negara-negara tersebut memiliki suhu tinggi karena letaknya dekat dengan Kutub Utara dan Selatan.

Indonesia tidak masuk dalam daftar tersebut karena negara kita berada di garis khatulistiwa yang iklimnya tropis. Jadi, walaupun Indonesia memiliki gunung dan dataran tinggi yang banyak, suhunya masih kalah dingin dengan negara-negara yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara musim dingin Rusia sejarah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top