Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Negara dengan Konsumsi Minyak Terbanyak di Dunia

Berikut 10 negara dengan konsumsi minyak mentah terbanyak di dunia.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 19 September 2022  |  21:50 WIB
Negara dengan Konsumsi Minyak Terbanyak di Dunia
Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia - Bloomberg/Jason Alden
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak mentah terus menjadi sorotan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Hal ini dikarenakan minyak mentah merupakan sumber utama bahan bakar kendaraan bermotor (BBM) yang digunakan orang di seluruh dunia.

Pada tahun 2020, terjadi penurunan konsumsi minyak bumi di dunia akibat adanya pandemi Covid-19. Tercatat sekitar 88,7 juta barel dihabiskan selama sehari.

Di Indonesia, pada tahun 2020, setidaknya 1,6 juta barel minyak bumi dihabiskan per harinya. Ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke empat belas, urutan negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia.

Berikut ini daftar negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia pada tahun 2020 berdasarkan worldpopulationreview!

1. Amerika Serikat

Negara adidaya Amerika Serikat menjadi negara nomor satu dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia dengan angka 17,1 juta barel per hari. Namun, negara ini juga yang menjadi negara produsen minyak bumi terbesar di dunia pada tahun 2020 dengan angka 11,5 juta barel per hari.

2. China

Negara dengan jumlah penduduk 1.4 miliar jiwa ini menghabiskan setidaknya 14,2 juta barel minyak per harinya. Tidak heran jika menduduki peringkat kedua negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia.

3. India

Negara yang dikenal dengan drama Bollywoodnya ini menduduki peringkat ketiga negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia. Setidaknya sekitar 4,6 juta barel minyak per hari dihabiskan di negara ini.

4. Arab Saudi

Negara kerajaan ini menduduki peringkat keempat negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia. Sebanyak 3,5 juta barel dihabiskan oleh negara yang punyai dua tempat paling suci dalam agama Islam ini.

5. Jepang

Selain konsumsi ikan yang tinggi, negeri sakura ini juga menghabiskan sebanyak 3,26 juta barel minyak bumi per harinya. Ini mengantarkan Jepang sebagai negara kelima dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia.

6. Rusia

Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini menduduki peringkat ke enam negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia, dengan menghabiskan sekitar 3,23 juta barel minyak bumi per harinya. Jumlah yang tidak terlalu jauh berbeda dengan Jepang yang menduduki peringkat kelima negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia.

7. Korea Selatan

Negara yang tengah menjadi kiblat dunia hiburan ini menduduki peringkat ketujuh negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia. Setidaknya sekitar 2,5 juta barel minyak bumi dihabiskan di negara ini setiap harinya.

8. Brasil

Negara Brasil menghabiskan sekitar 2,3 juta barel minyak bumi per harinya. Ini membuat Brazil menduduki peringkat kesembilan negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia.

9. Kanada

Negara paling Utara di Amerika Utara ini menghabiskan sebanyak 2,2 juta barel minyak bumi per harinya.

10. Jerman

Salah satu negara maju di dunia ini menduduki peringkat ke sepuluh negara dengan konsumsi minyak bumi terbanyak di dunia. Angka yang dihabiskannya sekitar 2 juta barel minyak bumi per harinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak mentah minyak mentah dunia harga minyak mentah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top