Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 7 Negara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk?

Terdapat banyak negara di dunia ini yang tersebar di beberapa benua. Berikut ini sejumlah negara terbesar di dunia jika dilihat dari luas wilayahnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 16 September 2022  |  10:05 WIB
Simak 7 Negara Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk?
7 Negara Terbesar di Dunia, Berapa Luasnya_(pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia ini ada beberapa negara yang memiliki luas wilayah berbeda. Ada negara yang memiliki luas wilayah besar ada juga yang kecil. Indonesia termasuk negara yang luas wilayahnya besar. Tetapi, Indonesia tidak termasuk dalam kelompok negara terbesar di dunia.

Lantas, negara mana saja yang masuk dalam kelompok negara paling besar? Menurut keterangan di worldatlas.com berikut ini beberapa negara paling besar di dunia berdasarkan luas wilayahnya.

Urutan Negara Terbesar Di Dunia

  • Rusia

Negara terbesar di dunia yang pertama yaitu Rusia. Negara ini memiliki luas wilayah hingga 17,1 juta kilometer. Wilayah terbesarnya berada di Siberia. Sangkin luasnya negara ini, membuat Rusia berbatasan langsung dengan 11 negara.

Karena wilayahnya yang luas, jumlah penduduk Rusia juga cukup banyak yaitu sekitar 142 juta jiwa. Walaupun demikian, jumlah penduduk tersebut tidak membuat negara ini padat. Selain wilayahnya yang luas, Rusia memiliki cadangan minyak yang sangat besar dan menjadi salah satu penghasilan negara ini.

  • Kanada

Di posisi kedua, negara terluas di dunia adalah Kanada. Luas wilayah negara tersebut mencapai 9,9 juta kilometer dengan garis pantai sepanjang sekitar 200 ribu kilometer.

Letak negara ini ada di antara Kutub Utara dan Amerika Serikat. Negara ini terkenal hewan rusa besar dan beruang kutub.

Tak hanya itu, Kanada juga dilengkapi dengan pemandangan indah dan mempesona. Di sana banyak danau indah yang dapat memanjakan mata. Selain itu ada juga Pegunungan Rocky yang keindahannya tak perlu diragukan lagi.

  • Amerika Serikat

Siapa yang tidak tahu dengan Amerika Serikat? Negara maju ini ternyata masuk dalam daftar negara terluas di dunia. Luas wilayahnya mencapai 9,8 juta kilometer persegi.

Selain dari segi luas wilayah, ekonomi Amerika Serikat juga membuat negara ini menjadi negara besar dan maju. Amerika Serikat mempunyai sumber daya yang melimpah baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

  • Cina

Cina merupakan negara terbesar di dunia setelah Amerika Serikat. Negara yang terkenal dengan Tembok Besar Cina ini mempunyai luas wilayah 9,6 juta kilometer persegi.

Tak hanya dari luas wilayah, jika dilihat dari jumlah penduduk, negara ini juga menjadi negara terbesar dan terpadat. Walaupun demikian, negara ini termasuk maju karena bisa mengelola sumber daya yang dimiliki dengan baik.

  • Brasil

Di posisi kelima ada Brasil yang menjadi negara terbesar di dunia. Tak berbeda jauh dengan Rusia, Brasil juga berbatasan langsung dengan 10 negara yang berbeda.

Wilayah di negara ini memiliki iklim tropis dan sedang. Selain dikenal karena luas wilayahnya yang besar, Brasil juga terkenal dengan hasil kopinya yang nikmat.

  • Australia

Australia merupakan nama negara sekaligus benua yang letaknya dekat dengan Indonesia. Wilayah Australia terbentang seluas 7,69 juta kilometer persegi. Negara ini terkenal akan keragaman satwa liar yang autentik. 

Salah satu hewan asli yang terkenal yaitu kanguru. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa populasi kanguru di Australia lebih besar dibandingkan jumlah penduduknya.

  • India

India juga masuk dalam daftar negara terbesar di dunia. Negara ini mempunyai wilayah seluas 3,3 juta kilometer persegi yang terbagi atas 8 wilayah persatuan dan 28 negara bagian.

Tak hanya itu, negara ini juga menempati posisi kedua sebagai negara paling padat di dunia. Walau demikian, India juga termasuk negara yang kaya akan rempah seperti Indonesia. Maka tak heran jika makanan khas India memiliki aroma dan cita rasa rempah yang kuat.

Itulah beberapa negara terbesar di dunia. Setelah mengetahui luasan wilayah negara-negara tersebut, ternyata Indonesia belum bisa dikatakan sebagai negara paling besar karena luas wilayah negara kita hanya sekitar 1,905 juta km².

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara sejarah Rusia kanada
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top