Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 5 Negara Terkecil di Asia Tenggara, Negara Mana Saja?

Ada 11 negara yang masuk kawasan Asia Tenggara. Lima diantaranya termasuk dalam kelompok negara terkecil di Asia Tenggara. Berikut daftarnya
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 16 September 2022  |  09:53 WIB
Simak 5 Negara Terkecil di Asia Tenggara, Negara Mana Saja?
5 Negara Terkecil di Asia Tenggara, Negara Mana Saja_ (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asia Tenggara merupakan kawasan di Benua Asia yang terdapat beberapa negara. Setiap negara memiliki luas wilayah yang berbeda-beda. Bahkan, ada beberapa wilayah yang disebut sebagai negara terkecil di Asia Tenggara. 

Negara tersebut bahkan ada yang luasnya lebih kecil dibandingkan Kota Jakarta. Jadi, negara mana saja yang masuk dalam kelompok negara paling kecil di Asia Tenggara? Jika dilihat dari luas wilayahnya, berikut daftar lengkapnya. 

Daftar Negara Terkecil di Asia Tenggara

  • Singapura

Salah satu negara terkecil di kawasan Asia Tenggara adalah Singapura. Negara ini memiliki luas sekitar 728,6 km persegi. Singapura melakukan perluasan wilayah dengan reklamasi tanah menggunakan tanah dari laut, negara-negara tetangga, hingga perbukitan.

Singapura merupakan pusat keuangan ke-3 di dunia dan menjadi wilayah pending dalam perdagangan serta keuangan internasional. Tak heran jika Singapura dinobatkan menjadi salah satu negara terkaya di dunia. 

  • Brunei Darussalam

Negara terkecil kedua di Asia Tenggara yaitu Brunei Darussalam. Negara ini hanya memiliki luas 5.765 km persegi saja. Negara ini berbatasan langsung dengan Indonesia khususnya wilayah Pulau Kalimantan. Meskipun negaranya kecil, tetapi Brunei Darussalam merupakan salah satu negara yang kaya akan minyak bumi dan gas dan termasuk salah satu negara maju yang ada di Asia.

  • Kamboja

Negara selanjutnya yang memiliki wilayah kecil yaitu negara Kamboja. Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 181.035 km persegi dan memiliki jumlah penduduk 17,2 juta jiwa. 

Kamboja merupakan negara yang ada di tengah jalur perdagangan darat dan juga yang menghubungkan antara Cina ke India serta Asia Tenggara. Sebagian besar dari wilayah Kamboja merupakan wilayah hutan dengan dataran rendahnya ditutupi oleh daerah persawahan dan ladang yang sangat luas.

  • Timor Leste

Negara terkecil di Asia Tenggara selanjutnya yaitu Timor Leste. Negara ini juga sebelumnya dikenal dengan Timor Timur yang masuk dalam wilayah Indonesia. 

Namun, pada 30 Agustus 1999 terjadi Referendum Timor Timur yang membuat wilayah ini resmi terlepas dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setelah merdeka, namanya berubah menjadi Timor Leste. Timor Leste ini termasuk negara terkecil di Asia Tenggara karena memiliki luas wilayah 15007 km2 saja. 

  • Laos

Negara terkecil di Asia tenggara yang terakhir yaitu negara Laos dengan luas 237.955 dan jumlah penduduknya 7,5 juta jiwa. Laos juga merupakan salah satu negara yang unik karena tidak memiliki wilayah perairan yang membuatnya dijuluki landlocked country

Daftar Negara di Asia Tenggara

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Asia Tenggara merupakan kawasan di Benua Asia yang terdiri atas beberapa negara. Setidaknya ada 11 negara yang masuk ke kawasan ini. Berikut ini daftar negara-negara yang masuk dalam kawasan Asia Tenggara. 

  1. Indonesia 
  2. Singapura 
  3. Malaysia 
  4. Filipina 
  5. Thailand 
  6. Brunei Darussalam 
  7. Laos 
  8. Vietnam 
  9. Myanmar 
  10. Kamboja
  11. Timor Leste

Itulah daftar negara terkecil di Asia Tenggara dan daftar nama negara lain yang masuk dalam kawasan ini. Jika dilihat dari penjelasan diatas, negara tersebut memiliki wilayah yang sangat kecil dibandingkan Indonesia yang luas wilayah sekitar 1.904.569 km2. 

Selain luasan wilayah, hal lain yang juga menjadi ciri khas atau pembeda dari negara-negara tersebut yaitu budayanya. Setiap negara memiliki budaya yang berbeda-beda dan unik, termasuk penggunaan bahasanya. Walaupun demikian, semua negara saling bekerja sama di berbagai sektor termasuk ekonomi dan politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara terkecil di dunia asia tenggara singapura
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top