Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Lebih Kecil dari Jakarta

Setiap negara memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang berbeda. Berikut ini enam negara terkecil di dunia.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 15 September 2022  |  20:45 WIB
Ini 6 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Lebih Kecil dari Jakarta
5 Negara Terkecil di Asia Tenggara, Negara Mana Saja_ (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara biasanya diasosiasikan dengan wilayah besar yang kompleks dengan jumlah penduduk yang banyak. Tetapi ternyata ada negara yang bisa digolongkan ke dalam negara terkecil di dunia.  

Negara terkecil yang ada di dunia biasanya memiliki luas daratan kurang dari 400 km persegi. Bahkan hanya punya luas wilayah yang tak sebanding daripada provinsi atau daerah yang ada indonesia di negara Indonesia. 

Selain dari luas wilayah, tingkat besar dan kecilnya sebuah negara juga bisa dilihat dari kepadatan penduduknya. Tingkat kepadatan dari penduduk tiap negara ini dapat berpengaruh terhadap aktivitas dari penduduk tersebut.

Menurut World Population Review, setidaknya ada lima negara terkecil yang ada di dunia. Berikut daftar lengkapnya. 

Negara Terkecil yang Ada di Dunia

  • Vatikan

Negara pertama yang masuk dalam daftar negara kecil yaitu negara Vatikan. Bahkan negara ini ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan Kota Jakarta yaitu hanya memiliki memiliki luas 0,44 km. 

Jumlah penduduk dari negara Vatikan ini hanya 800 sampai 900 jiwa saja. Berbeda dengan negara lain, Vatikan dipimpin oleh Paus sebagai kepala administrasi juga otoritasnya mencakup semua umat Katolik seluruh dunia.

  • Monako

Negara terkecil di dunia negara berikutnya yaitu Monako. Negara ini hanya memiliki luasan 2,02 km saja. Monaco merupakan negara kerajaan di sepanjang laut mediterania yang ada di Riviera Prancis. 

Negara ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 30 rb jiwa. Tetapi negara ini merupakan rumah bagi sektor real estate, perbankan keuangan yang kuat, dan juga diperintah oleh Pangeran Albert II. 

  • Nauru

Negara terkecil di dunia selanjutnya ada negara Nauru. Negara ini sebelumnya dikenal juga dengan pulau Pleasant. Negara ini punya luas sekitar 21 km yang letaknya ada di Mikronesia, Pasifik Tengah. 

Populasi penduduk yang dimiliki oleh Nauru hanya sekitar 12 ribu sampai 13 ribu jiwa. Negara ini merupakan pulau karang yang terangkat di daerah barat daya samudra pasifik. 

Pada umumnya negara ini dianggap sebagai salah satu pulau di Pasifik Selatan yang sangat kebarat-baratan. Empat perlima dari jumlah penduduk dari negara ini beragama Kristen.

  • Tuvalu

Negara terkecil di dunia yang lainnya yaitu Tuvalu. Negara Tuvalu merupakan negara yang disebut negara tenggelam. Negara ini memiliki luas sekitar 420 mill atau setara dengan 676 km. Permukaan laut yang perlahan ini menutupi daratan. Tuvalu memiliki populasi penduduk berjumlah 11500 jiwa.

  • San Marino

Negara terkecil di dunia selanjutnya yaitu ada negara San Marino. Negara ini memiliki luas 61 km. Negara ini terletak di dataran tengah Italia. Jumlah penduduk dari negara itu sekitar 33.785 orang jiwa. 

Kebanyakan penduduk yang tinggal di San Marino ini merupakan penganut agama Katolik Roma meskipun memang tidak ada agama resmi yang ada di negara ini. Pariwisata dan juga sektor pertanian merupakan kedua sektor yang sangat penting bagi negara San Marino ini.

  • Liechtenstein

Negara terkecil selanjutnya yaitu Liechtenstein. Negara ini merupakan negara yang letaknya di antara Australia dan Swiss. Negara ini memiliki luas 160 km dan punya jumlah penduduk 38.000 sampai 39.000 jiwa. Pariwisata merupakan salah satu sektor utama dari ekonomi negara ini. Pegunungan Alpen merupakan salah satu ciri negara kecil ini. 

Itulah enam negara terkecil di dunia yang hanya memiliki penduduk tidak mencapai 1000 jiwa. Jika dibandingkan dengan Indonesia, negara-negara tersebut sangatlah kecil dan jumlah penduduknya juga sangat sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara terkecil di dunia vatikan sejarah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top