Masjid Noori/Unesco world herritage
Travel

Sebuah Masjid Muncul Secara Utuh Setelah 30 Tahun Tenggelam

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 15 September 2022 - 08:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini telah terjadi kondisi cuaca ekstrem di seluruh dunia, dengan bencana banjir di Pakistan dan gelombang panas dan kekeringan yang memecahkan rekor di Barat.

Di India, kekeringan juga melanda hingga bisa mengeringkan sebuah waduk, yang akhirnya memunculkan sebuah masjid dalam kondisi utuh yang telah terendam air selama lebih dari 30 tahun.

Penduduk setempat di negara bagian distrik Nawada Bihar melaporkan bahwa masjid, yang terendam di waduk selama lebih dari 30 tahun, telah terlihat kembali secara utuh, karena kekeringan tersebut.

Masjid itu ditemukan terbuka di tengah sisa-sisa bendungan Phulwaria yang berlumpur. Foto menunjukkan bagaimana struktur kecil itu naik sekitar 30 kaki di atas tanah ke puncak kubahnya, dengan tiga pintu masuk gapura di bawahnya.

Kantor berita Kashmir dan India Kashmir Media Service (KMS) melaporkan bahwa penduduk setempat menyebut masjid itu sebagai Masjid Noori. Masjid itu dilaporkan tenggelam setelah Bendungan Phulwaria dibangun pada tahun 1985.

Sejak itu, bendungan telah digunakan untuk pertanian dan untuk memasok air ke desa-desa. Namun, pembangunannya menyebabkan evakuasi masyarakat sekitar karena perkiraan kenaikan permukaan air. Penduduk setempat pindah ke tempat lain, tetapi masjid itu dibiarkan berdiri, akhirnya dibanjiri air.

Pada tahun-tahun berikutnya, kadang-kadang mungkin untuk melihat ujung masjid dari jauh, tetapi ketinggian air telah turun cukup jauh tahun ini untuk mengungkapkan bangunan lebih lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro