Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Negara Termiskin di Dunia, Mana Saja?

Terdapat beberapa negara termiskin di dunia. Apa saja negara yang masuk dalam kategori tersebut? Ini daftarnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 14 September 2022  |  14:55 WIB
Ini 6 Negara Termiskin di Dunia, Mana Saja?
6 Negara Termiskin di Dunia, Negara Mana Saja_ (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia ini terdapat banyak negara yang tersebar di beberapa benua. Setiap negara memiliki kondisi ekonomi yang berbeda-beda. Hal tersebutlah yang kemudian melahirkan kategori negara termiskin di dunia.

International Monetary Fund atau IMF mencatat sejumlah negara yang memiliki kondisi ekonomi dibawah rata-rata. Berikut daftar lengkapnya.

  • Burundi

Negara termiskin yang pertama yaitu Burundi. Negara kecil ini berada di Benua Afrika ini memiliki pendapatan per kapita 760 dolar Amerika per tahun. Sekitar 90% penduduknya, bergantung pada sektor pertanian.

Walaupun demikian, kelangkaan pangan menjadi hal serius dan menjadi perhatian khusus di negara ini. Tak hanya masalah ekonomi, konflik etnis dan perang saudara juga masih ditemui di negara ini.

Kondisi lain yang membuat negara ini semakin memprihatinkan yaitu terkait air dan sanitasi yang rendah. Kondisi tersebut semakin diperparah selama masa pandemi covid-19.

  • Sudan Selatan

Sudan Selatan merupakan negara yang memiliki sumber minyak. Lantas, mengapa Sudan Selatan dinobatkan menjadi salah satu negara termiskin? Jawabannya karena di negara ini konflik masih sering terjadi.

Kekerasan membuat negara ini terasa semakin mencekam. Salah satu konflik yang pernah terjadi di Sudan Selatan yaitu pada tahun 2013 saat presiden Salva Kiir menuduh mantan wakil presiden memimpin pemberontakan Riek Machar. Konflik tersebut menyebabkan kurang lebih 400 ribu orang tewas dan 4 juta lainnya mengungsi ke negara tetangga.

Tak hanya konflik, alasan lain yang menyebabkan negara ini miskin yaitu karena sumber daya negara tidak dikelola dengan baik. PDB per kapita yang dimiliki negara ini bahkan hanya Rp11,45 juta.

  • Somalia

Somalia juga disebut sebagai negara termiskin di dunia karena pendapatan per kapitanya hanya Rp13,1 juta. Terdapat berbagai masalah yang muncul di negara ini, misalnya; kekeringan berkepanjangan, perang saudara, bencana alam, dan hal-hal lain yang membuat Somalia tidak sanggup mencukupi kebutuhan pangan warganya. Tak hanya itu, pandemi juga membuat ekonomi di negara ini semakin terpuruk.

  • Republik Afrika Tengah

Negara ini sebenarnya memiliki sumber daya alam melimpah seperti emas, minyak, uranium, dan berlian. Namun, karena satu dan lain hal Republik Afrika Tengah masih menjadi salah satu negara miskin di dunia.

Walaupun demikian, pemulihan ekonomi terus diupayakan oleh pemerintah setempat. Sayangnya, saat pandemi datang negara ini sulit untuk bangkit secara ekonomi.

Banyak kebijakan pencegahan penularan virus yang membuat banyak masyarakat kehilangan penghasilan. Alhasil, negara ini belum sepenuhnya bangkit dari kemiskinan.  

  • Malawi

Negara Benua Afrika lainnya yang masuk dalam daftar negara termiskin lainnya yaitu Malawi. Negara ini cukup damai dan pemerintahannya juga stabil.

Namun, pada tahun 2020 lalu, PDB negara ini turun menjadi 0,6% dari sebelumnya sekitar 4,5%. Walaupun demikian, negara ini terus berupaya untuk memajukan ekonomi selama beberapa tahun terakhir.

  • Republik Demokratik Kongo

Sejak merdeka, negara ini banyak menderita karena pemerintah yang diktator, politik yang tidak stabil, serta kekerasan yang terus terjadi. Sebenarnya, negara ini berpotensi menjadi negara kaya di Afrika.

Namun karena korupsi tidak stabil, korupsi, dan pandemi virus corona membuat perekonomian menjadi tidak stabil. PDB negara ini hanya Rp15,7 juta dan kini masih berupaya memperbaiki kondisi ekonomi.

Itulah beberapa negara termiskin di dunia yang kondisi ekonominya di bawah rata-rata. Sebagian besar negara tersebut memiliki masalah dalam negeri dan pandemi covid-19 yang membuat kondisi ekonomi menjadi tidak stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Negara Miskin negara kemiskinan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top