Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Pelabuhan 2022: Menyantap Pedas Manis Nasi Krawu di Kota Wali Songo Pertama

Rumah makan Nasi Krawu Bu Azza, merupakan salah satu tempat terkenal untuk menyantap hidangan Nasih Krawu.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 14 September 2022  |  19:01 WIB
Jelajah Pelabuhan 2022: Menyantap Pedas Manis Nasi Krawu di Kota Wali Songo Pertama
Nasi Krawu, makanan khas Kota Gresik yang berisikan nasi yang dihidangkan denhan lauk berupa sayatan daging sapi, semur daging, sop jeroan sapi dan sambal petis. Bisnis / Adam
Bagikan

Bisnis.com, GRESIK- Nasi Krawu bisa jadi salah satu kuliner favorit bagi para penggemar daging sapi dan kuliner dengan cita rasa pedas. Hidangan daging sapi yang disajikan di atas nasi putih pulen ini bisa ditemukan di kota tempat Wali Songo pertama, yakni Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik.

Rumah makan Nasi Krawu Bu Azza, merupakan salah satu tempat terkenal untuk menyantap hidangan tersebut. Letak rumah makan itu berada di pinggir jalan, dan jaraknya sekitar 750 meter (m) dari lokasi Makam Sunan Gresik.

Dari segi tampilan, Nasi Krawu sekilas terlihat mirip kuliner khas Yogyakarta yakni Gudeg. Suwir-suwir dan semur daging sapi yang dihidangkan di atas nasi sekelebat tampak seperti nangka dan krecek yang biasa dihidangkan pada Gudeg.

Suwir dan semur daging sapi pada Nasi Krawu memiliki rasa manis nan gurih. Daging paling sedap disantap dengan seporsi nasi putih yang mengepul di atas bungkus daun pisang. Cita rasa gurih juga datang dari serundeng yang ditabur di atas nasi dan daging.

Kejutan rasa justru didapatkan dari sambal petis yang dioles di pinggir alas daun pisang. Rasa pedas semakin memperkaya cita rasa Nasi Krawu yang sekilas terlihat sederhana dari segi tampilan.

Tidak hanya itu, satu porsi Nasi Krawu juga dihidangkan dengan semangkuk kuah sop dengan irisan jeroan sapi. Sembari menyantap nasi daging, para penyantap Nasi Krawu sesekali menyeruput kuah sop hangat tersebut.

Di Rumah Makan Nasi Krawu Bu Azza, pengunjung bisa melihat langsung proses penyiapan hidangan melalui kaca yang memisahkan antara penyaji hidangan dan tempat mengantre pesanan.

Bagi yang ingin menyantap kuliner khas Gresik tersebut, cukup merogoh kocek sekitar Rp30.000 per porsi. Jika ingin menambah minuman, cukup menambah sekitar Rp5.000 untuk bisa mendapatkan es teh atau es jeruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Pelabuhan 2022 gresik
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top