Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daerah dengan Suhu Terpanas di Dunia, Ada yang Hingga 70 Derajat

Kenali daerah di dunia dengan suhu terpanas, berminat mengunjunginya di musim liburan?
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 13 September 2022  |  21:46 WIB
Ini Daerah dengan Suhu Terpanas di Dunia, Ada yang Hingga 70 Derajat
Suhu panas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki musim penghujan, Jakarta yang biasanya punyai cuaca panas dengan suhu rata-rata diatas 30 derajat celcius. Barulah pada musim penghujan suhu di Ibu Kota relatif lebih rendah.

Namun, pernahkah berpikir tentang kota ataupun daerah dengan suhu tertinggi di dunia? Berikut ini ulasannya berdasarkan BBC.

1. Gurun Lut

Daerah yang berada di negara Iran yang juga disebut Dasht-e Lut ini disebut-sebut oleh NAS punyai suhu hingga 70 derajat celcius pada masa lalu. Daerah ini bahkan dimasukkan ke dalam salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

2. Pegunungan Flaming di China

Sama dengan suhu yang ada di Gurun Lut, suhu di pegunungan Flaming di China juga memiliki suhu hingga 70 derajat celcius. Pegunungan yang memiliki panjang 60 mil ini memiliki pemandangan yang unik, disebutkan punyai legenda yang menarik.

3. Death Valley, California

Death Valley berada di California, Amerika Serikat. Suhu disana sangatlah terik, bahkan sudah menjadi daerah dengan suhu terpanas di dunia sejak tahun 1913. Pada saat itu suhunya mencapai 56,7 derajat celcius.

Pada Agustus 2020, suhu di Death Valley dilaporkan mencapai 54 derajat celcius. Tetap menjadi daerah dengan suhu terpanas di dunia.

4. Kuwait, Kuwait

Pada tahun 2016, suhu di Kuwait mencapai 54 derajat celcius. Suhu di Kuwait, memang secara teratur berada pada angka 50 derajat celcius ke atas. Aktivitas pengeboran minyak serta penjualan minyak yang menyebabkan perubahan iklim dikhawatirkan akan membuat suhu di kota ini naik dari tahun ke tahun.

5. Oodnadatta, Pedalaman Australia

Saat belahan bumi lain sedang menikmati musim dingin, di Oodnadatta yang merupakan daerah pedalaman Australia, justru dikenal menjadi bagian dari suhu terpanas di bumi. Karena pada saat yang sama, suhu di daerah ini justru berada di angka 20 derajat celcius. Pada Januari tahun 1960 lalu, suhu di daerah ini mencapai 50,7 derajat celcius.

6. Dallol, Ethiopia

Daerah ini merupakan daerah huni Ethiopia yang memiliki suhu 35 derajat celcius selama sepanjang tahun. Dallol punyai julukan gerbang menuju neraka' karena suhunya yang panas dengan pemandangan yang dianggap aneh. Bagaimana tidak, di Dallol banyak mata air hidrotermal yang asam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

titik panas Cuaca kuwait
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top