Dieng Culture Fest 2022./Twitter
Travel

Akhir Pekan di Dieng Culture Fest, Ini Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi

Annasa Rizki Kamalina
Sabtu, 3 September 2022 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Desa Wisata Dieng Kulon menggelar Dieng Culture Festival (DCF) ke-13 dengan tema Return of The Light yang berlangsung pada akhir pekan, mulai dari 2-4 September 2022. 

Pengunjung yang datang di festival yang di dataran tinggi Dieng tersebut dapat menikmati acara seru seperti Aksi Bersih Dieng, QRIS Jazz di Atas Awan, Gebyar Lentera, Kirab budaya dan Pemotongan Rambut Gimbal, serta Kongkow Budaya dan Talkshow Ngopi Ngapak. 

Acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak hanya bertujuan mengenalkan potensi wisata dan seni budaya kepada masyarakat luas sebagai sebuah destinasi wisata, namun juga untuk memperbaiki perekonomian masyarakat yang pada waktu itu mulai melemah karena eksploitasi tanah besar – besaran oleh pertanian. Ternyata pariwisata tampil sebagai penopang selain sektor Pertanian.

Salah satu yang menarik dari DCF 2022 adalah Gebyar Lentera dengan penerbangan lampion dan pesta kembang api di malam hari sehingga menghadirkan keindahan alam malam dari dataran tinggi Dieng. 

Selain menjadi destinasi tahunan yang rutin digelar, pengunjung juga dapat berwisata di sekitar kawasan Dieng, seperti candi, kawah, dan gunung.

Peserta dari DCF 2022 dapat mengunjungi beberapa candi di kawasan tersebut seperti Komplek Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, dan Dwarawati. Candi Arjuna yang berlokasi di datarang tinggi Dieng sendiri diperkirakan sebagai candi tertua, diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

Destinasi lainnya yakni kawah yang berada di sekitar Dieng, seperti Kawah Sikidang, Kawah Sileri, dan Kawah Candradimuka. Bagi pengunjung dari area candi dapat mengunjungi kawah terdekat, yakni Kawah Sikidang. 

Keindahan dataran tinggi Dieng juga tersaji melalui beragam telaga, seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, dan Telaga Cebong. Telaga Warna berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro