Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangunan dan Infrastruktur 'Ajaib' di Dunia

Berikut daftar bangunan dan infrastruktur yang bisa disebut ajaib di dunia yang mungkin belum Anda ketahui.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  19:22 WIB
Bangunan dan Infrastruktur 'Ajaib' di Dunia
Jembatan Golden Gate
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keajaiban alam adalah sesuatu yang mungkin sudah Anda ketahui, termasuk salah satunya adalah Borobudur yang masuk dalam 7 keajaiban dunia.

Tetapi, di samping keajaiban alam, ada juga keajaiban bangunan dan infrastruktur di dunia yang merupakan buatan manusia. 

Struktur dan teknik bangunan tersebut yang membuatnya disebut 'ajaib'.

Berikut daftar bangunan dan infrastruktur yang bisa disebut ajaib di dunia yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Terowongan Saluran, Inggris

Terowongan bawah laut terpanjang di dunia – Channel Tunnel – benar-benar merupakan keajaiban teknik. Peresmian terowongan mewakili kesatuan antara Inggris dan Prancis. Terowongan Saluran terdiri dari dua terowongan rel dan satu terowongan layanan. Jalur interkoneksi antara Inggris dan Prancis ini telah memangkas waktu perjalanan hingga empat setengah jam.

2. Saluran Air Veluwemeer, Belanda

Veluwemeer Aqueduct adalah saluran air atau jembatan air sepanjang 82 kaki yang terletak di Harderwijk di Belanda. Saluran air yang cantik ini berada di atas Danau Veluwemeer. Pemandangan udara dari saluran air akan menunjukkan kepada Anda pejalan kaki, kendaraan, kapal, semua melakukan hal-hal mereka sendiri. Sepertinya jalan-jalan menghilang di bawah air dan secara ajaib muncul lagi. Konstruksi membutuhkan sekitar 22.000 meter kubik beton!

3. Jembatan Golden Gate, AS

Jembatan Golden Gate adalah salah satu struktur paling terkenal di dunia. Terletak di San Francisco, California, AS, Jembatan Golden Gate menghubungkan San Francisco ke Marin Country di California. Pada hari-hari awal konstruksinya, itu juga dikenal sebagai jembatan yang tidak dapat dibangun. Tetapi jembatan, salah satu struktur yang paling banyak difoto di dunia, memiliki cerita yang sama sekali berbeda untuk diceritakan kepada dunia.

4. Jembatan Millau

Berdiri dengan total 1.125 kaki, Millau Viaduct adalah jembatan tertinggi di dunia. Jembatan Millau Viaduct terletak di selatan Perancis. Ini melewati Lembah Ngarai, membuat perjalanan antara Prancis dan Spanyol mudah dan lancar.

5. Stadion Nasional atau Sarang Burung, China

Seperti apa struktur baja terbesar di dunia? Bentuknya seperti sarang burung dan terletak di Beijing, China. Di sinilah Olimpiade dan Paralimpiade 2008 diadakan. Strukturnya terdiri dari sekitar 26 mil baja yang tidak terbungkus! Dengan pipa panas bumi dan pemanenan air hujan, Sarang Burung Walet adalah salah satu struktur yang paling ramah lingkungan dan hemat energi di dunia.

6. Lift Bailong, China

Senang melihat lift masuk ke daftar ini, tetapi yang ini bukan lift biasa. Bailong Elevator adalah lift luar ruangan tertinggi dan terberat di dunia. Terletak di sisi tebing di Taman Hutan Nasional Zhangjiajie di Cina, Bailong Elevator memiliki tinggi 1.070 kaki. Itu juga dikenal sebagai Lift Seratus Naga.

7. Terowongan Atal, Pass Rohtang

Terowongan Atal di Rohtang Pass, Himachal Pradesh, India, dengan panjang 9,02 km, adalah terowongan tabung tunggal jalan raya terpanjang di atas 10.000 kaki di dunia. Mengingat lokasinya di atas 10.000 kaki di atas permukaan laut, terowongan ini juga membawa Anda ke salah satu titik tertinggi di dunia.

8. Jembatan Rel Chenab, Jembatan Rel

Jembatan Kereta Api Chenab yang baru-baru ini diresmikan yang membentang antara Bakkal dan Kauri di Distrik Reasi di Wilayah Persatuan Jammu dan Kashmir, India, adalah jembatan kereta api tertinggi di dunia. Berdiri pada ketinggian total 1.178 kaki di atas Sungai Chenab, Jembatan Rel Chenab adalah sosok yang mengesankan untuk dilihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangunan bahan bangunan bangunan hijau infrastruktur proyek infrastruktur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top