Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia 6 Negara Tertua di Dunia

Jika Anda juga penasaran, berikut ini adalah beberapa negara tertua di dunia yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  08:40 WIB
Ini Dia 6 Negara Tertua di Dunia
Menara Eiffel ditutup karena diancam akan dibom
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia, ada beberapa negara yang usianya lebih tua dibandingkan negara lainnya di muka bumi ini.

Meskipun berusia tua, nyatanya negara-negara tersebut masih eksis dan juga sering dikunjungi para turis asing dari mancanegara.

Jika Anda juga penasaran, berikut ini adalah beberapa negara tertua di dunia yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup.

1. San Marino

Dikelilingi oleh Italia, ini adalah salah satu negara terkecil dan tertua di dunia dan didirikan pada 301 M. St Marinus mendirikan negara ini; dia melarikan diri dari kota Rimini di lingkungan itu untuk menghindari penganiayaan agama. Pada tahun 1630 M, negara ini mendapat kemerdekaan dari paus. Alasan di balik hal yang sama masih tetap tersembunyi, dan konstitusi San Marino diyakini sebagai yang tertua di dunia. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi negara ini, waktu terbaik adalah dari bulan April hingga September.

2. Prancis

Negara lain yang masuk dalam daftar negara tertua di dunia adalah Perancis, yang didirikan pada abad ke-5 Masehi. Didirikan ketika Kekaisaran Romawi Suci Charlemagne terpisah dan Raja Clovis naik takhta; diyakini bahwa di zaman kuno, raja sering menyalahgunakan kekuatan mereka untuk mendiskriminasi rakyat jelata. Namun, Prancis modern jauh berbeda dari Prancis kuno. Dahulu kala, negara ini mendominasi seluruh Eropa. Itu juga sangat melekat pada budaya dan tradisinya.

3. Iran

Didirikan di bawah Kekaisaran Achaemenid pada 620 SM, itu juga menandai tempatnya dalam daftar negara tertua di dunia. Selama bertahun-tahun, Iran diperintah oleh berbagai penguasa, tetapi dinasti Achaemenid memerintah paling lama. Negara ini sebelumnya dikenal sebagai Persia, yang secara resmi diubah menjadi Iran pada tahun 1930-an. Budaya Persianya dianggap sebagai salah satu budaya paling populer di dunia.

4. Etiopia

Ini adalah negara tertua di Afrika dan didirikan lima juta tahun yang lalu. Menarik untuk dicatat adalah bahwa negara ini tidak pernah diserang oleh penjajah, tetapi diduduki selama beberapa tahun oleh Mussolini, seorang diktator Italia pada 1930-an. Ikatan tradisional negara ini kuat dan telah berkembang selama bertahun-tahun. Agama Islam dan Yudaisme dianut di Ethiopia.

5. China

Berikutnya dalam daftar adalah Cina yang didirikan pada 2100 SM. Dinasti pertama yang memerintah Cina adalah Dinasti Xia yang dianggap sebagai dinasti yang paling lama berkuasa. Pada 2200 SM, Cina modern berkembang dan menjadi salah satu peradaban paling halus di dunia. Bangsa ini juga sangat terikat dengan ikatan budaya yang sudah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu.

6. Mesir

Era Mesir dimulai lebih dari Milenium ke-6 SM. Negara ini didirikan pada 3100 SM. Itu adalah salah satu peradaban paling kuat dan berpengaruh pada masanya. Hieroglif tulisan Mesir adalah bentuk tulisan tertua dan dasar di dunia yang ditemukan pada 3200 SM. Negara itu pernah diperintah oleh berbagai kerajaan, seperti Kekaisaran Persia dan Kekaisaran Ottoman.

Orang-orang Arab merebut Mesir pada abad 9-10, dan meskipun negara ini telah dimodernisasi selama bertahun-tahun, sejarahnya telah memainkan peran besar di tempat sekarang ini dan daya tarik yang mengelilinginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ibu kota negara negara prancis china iran mesir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top