Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fakta Menarik Jepang, dari Negara Ramah Hewan Peliharaan hingga Hutan Bunuh Diri

Berikut ini fakta menarik mengenai negara Jepang yang bisa Anda ketahui sebelum berangkat ke negeri sakura itu.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  16:08 WIB
Fakta Menarik Jepang, dari Negara Ramah Hewan Peliharaan hingga Hutan Bunuh Diri
Orang-orang melakukan check in di area check in keberangkatan internasional Bandar Udara Narita di Tokyo, Jepang, pada 30 November 2021. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika mendengar negara dengan konsumsi ikan yang tinggi atau negara asal anime, pasti yang terbayang dalam otak adalah negara Jepang.

Negara yang identik dengan bunga sakura ini bukan hanya punyai Fuji yang merupakan gunung tertinggi ke tujuh di dunia, tetapi Jepang juga punyai berbagai fakta yang menarik untuk dibahas.

Berikut ini fakta menarik mengenai negara Jepang ala insider dan spendtravelling.

1. Merupakan negara kepulauan

Selain Indonesia, Asia juga punyai Jepang sebagai negara kepulauan. Ada sekitar 6.852 pulau di Jepang, namun hanya sekitar 430 pulau yang berpenghuni, dengan Pulau Honshu sebagai pulau utama.

Pulau-pulau yang tidak dihuni dianggap sebagai pulau hantu oleh sebagian besar penduduk. Kepulauan ini membentang sekitar 1.869 mil yang biasa disebut sepanjang Pantai Timur Amerika Serikat.

2. Ibu kota Jepang adalah kota terpadat di dunia

Siapa yang pernah menyangka kalau kota terpadat di dunia ada di China ataupun India? Ternyata kota terpadat di dunia adalah Tokyo, ibu kota Jepang. Jika di Jakarta, kereta commuterline Jabodetabek akan sangat padat pada jam sibuk seperti berangkat dan pulang kerja, di Tokyo kemungkinan akan lebih dari keadaan Jakarta buruknya.

Tokyo dengan luas 2.194 km persegi punyai 38.140.000 penduduk di dalamnya. Bahkan PBB memperkirakan Tokyo akan memegang predikat ini hingga tahun 2030.

3. Terdapat lebih banyak hewan peliharaan dibandingkan anak-anak

Pada tahun 2013, ada sekitar 21,3 juta kucing dan anjing yang terdaftar. Sementara jumlah anak-anak hanya sekitar 16,5 juta yang terdaftar. Hal ini menjadikan Jepang sebagai surga bagi para pecinta hewan peliharaan.

4. Banyak menggunakan mesin penjual otomatis

Di Jepang setidaknya ada 5,52 juta mesin penjual otomatis yang menjual berbagai jenis barang, seperti rokok, majalah, bunga, minuman juga makanan. Hampir di setiap jalan di Jepang terdapat mesin penjual otomatis ini.

5. Hampir nol kejahatan

Jepang menempati posisi negara teraman di Asia dengan tingkat pembunuhan kedua terendah di dunia. Di Ibu Kotanya, Tokyo, hampir tidak ada kejahatan jalanan yang terjadi. Meskipun demikian, kejahatan di Jepang tetap ada, namun relatif rendah, apalagi jika dibandingkan dengan Amerika Serikat.

6. Punyai hutan bunuh diri

Jepang punyai tingkat bunuh diri yang tinggi, ini sebabnya di Jepang ada hutan tempat bunuh diri atau hutan Aokigahara. Hutan Aokigahara adalah hutan seluas 13,5 mil persegi dengan pepohonan yang lebat, hutan ini juga sering disebut sebagai lautan pepohonan. Hutan yang menjadi tujuan bunuh diri terkenal di dunia ini juga sering dijadikan tempat untuk membuat film horor.

Geografisnya yang merupakan lereng gunung dengan permukaan yang tidak rata, serta sangat rimbun, membuat mayat-mayat bisa tidak doitemukan selama bertahun-tahun, bahkan bisa jadi selamanya.

7. Sumo crying baby festival

Di Jepang ada sebuah festival unik yang biasa ditonton oleh banyak masyarakatnya. Festival ini adalah festival yang mempertontonkan para sumo yang berlomba membuat bayi menangis. Siapa yang berhasil membuat bayi menangis lebih dahulu, itulah pemenangnya.

8. Sulit ditemukannya area bebas rokok

Di Jepang, menemukan restoran yang menerapkan ruangan bebas rokok cukup sulit, sekalipun itu di restoran keluarga. Hal ini dikarenakan banyak politisi Jepang yang berkepentingan dalam industri tembakau, hingga pada 2020, ibu kotanya mulai menerapkan larangan merokok di beberapa tempat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang cek fakta destinasi wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top