Salah satu menu Mie Gacoan/GoFood
Kuliner

Mie Gacoan Tak Dapat Sertifikasi Halal MUI karena Masalah Menu, Kenapa?

Restu Wahyuning Asih
Sabtu, 20 Agustus 2022 - 16:12
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Media sosial dihebohkan dengan informasi mengenai sertifikasi halal Mie Gacoan.

Netizen mempertanyakan sertifikasi halal Mie Gacoan yang tak dikabulkan oleh LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Permasalahan sertifikasi halal restoran mi pedas ini mulanya diungkapkan oleh akun TikTok @leli.azizah pada beberapa hari yang lalu.

Akun tersebut mencatut sebuah sumber dan menjelaskan mengapa Mie Gacoan tak mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Sertifikasi halal tersebut tak diberikan karena nama restoran dan daftar menu yang dianggap aneh dan mengangkat unsur mistis.

"Berdasarkan kriteria jaminan halal itu disebutkan ada 11 kriteria yang harus dipenuhi untuk melakukan sertifikasi halal. Salah satu kriterianya adalah nama produk, persyaratannya nama produk tidak boleh mengarah sifat kebatilan atau istilahnya tidak boleh menyebut nama setan," jelas akun @leli.azizah.

Dari nama tersebut otomatis tak memenuhi syarat salah satu sistem jaminan halal (SJH) yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI.

Dikutip dari Kriteria Sistem Jaminan Halal HAS 23000, persyaratan nama merek atau produk tidak boleh mengarah pada hal kebatilan.

"Nama produk tidak boleh menggunakan nama yang mengarah pada hal-hal yang menimbulkan kekufuran, kebatilan. Contoh: cokelat valentine, biskuit natal, mie gong ci fa cai," tulis penjelasan di laman LPPOM MUI.

Seperti diketahui, Mie Gacoan mengambil nama menu seperti mi iblis, mi setan, es genderuwo, es tuyul, es sundel bolong dan es pocong.

@leli.azizah Replying to @zyan.haitami kita bahas yg lagi viral, gerainya ngantri dimana2. Source : LPPOM MUI, BPJPH, Gacoan Web, HAS 23000. #miegacoan #gacoan #halal #halalfood #halalismylife ♬ Aesthetic - Tollan Kim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro