Nasi Thiwul Ikan Asin. /IndonesiaKaya
Kuliner

Makanan-Makanan yang Dikonsumsi Pejuang Sebelum Kemerdekaan

Widya Islamiati
Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama masa perjuangan, para pejuang seringkali mengalami kesulitan menemukan makanan. Padahal untuk berjuang melawan penjajah, dibutuhkan tenaga yang ekstra yang dapat didapatkan dari mengonsumsi makanan yang bergizi.

Keadaan yang demikian membuat para pejuang memutar otak agar tetap bisa memiliki tenaga walaupun dengan makanan yang terbatas. Hal ini membuat para pejuang berkreasi membuat makanan-makanan yang dapat dikonsumsi selama masa perjuangan.

Pernahkah bertanya tentang makanan apa yang dikreasikan oleh para pejuang untuk dikonsumsi saat melawan penjajah dulu? Berikut ini makanan-makanan yang dikonsumsi para pejuang saat memperjuangkan kemerdekaan menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dimuat pada laman Instagramnya @kemdikbud.ri.

1. Tiwul

Saat sebelum kemerdekaan, beras merupakan bahan makanan yang sulit ditemukan. Hal ini menyebabkan para pejuang harus memutar otak agar dapat mendapatkan asupan karbohidrat tanpa mengonsumsi beras. Dari sini lahirlah tiwul yang terbuat dari singkong. Makanan ini dapat ditemui di pesisir selatan pulau Jawa.

2. Leughok

Makanan ini berasal dari sebelah barat nusantara, yaitu Aceh. Pada masa perjuangan melawan penjajah, pejuang asal Aceh selalu membawa makanan ini karena dapat mengenyangkan. Hal ini dikarenakan leughok terbuat dari pisang dan juga sagu.

3. Nasi jagung

Jenis makanan ini mungkin tidak asing di telinga, karena hingga kini makanan ini masih banyak dikonsumsi, entah untuk nostalgia masa susah ataupun sekedar untuk camilan. Makanan ini juga cukup populer pada masa penjajahan, khususnya di Jawa Tengah. Pada masanya, saat jagung mudah ditemukan, sedangkan beras jadi hal yang langka, para penjajah menjadikan jagung sebagai nasi untuk dikonsumsi.

4. Ketan jompo Jember

Makanan inai merupakan hidangan mewah pada masa penjajahan. Karena pada masa itu, hidangan mewah hanya dapat dinikmati oleh para bangsawan, akhirnya para pejuang membuat hidangan mewah yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Jadilah ketan jompo Jember yang merupakan ketan dengan parutan kelapa.

5. Pisang rebus

Pisang rebus merupakan makanan yang mudah dimasak namun dapat mengeyangkan. Sehingga tepat dikonsumsi saat sedang melawan penjajah dulu. Selain mengenyangkan, makanan ini juga manis dan membuat para pejuang merasakan kenyang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro