Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah 11 Agustus, Penjara Alcatraz Pertama Kali Dibuka

Pulau Alcatraz, dengan nama The Rock, pulau berbatu di Teluk San Francisco, California, AS Pulau ini menempati area seluas 22 hektar (9 hektar).
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  06:29 WIB
Sejarah 11 Agustus, Penjara Alcatraz Pertama Kali Dibuka
penjara Alcatraz - bloomber
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 11 Agustus 1934 lalu, penjara Alcatraz pertama kali dibuka.

Kapal pertama berisi narapidana federal tiba di Lembaga Pemasyarakatan Federal Alcatraz.

Alcatraz telah menjadi penjara militer sejak pergantian abad, tetapi baru pada tahun 1933 penjara itu dibeli oleh Departemen Kehakiman untuk dijadikan sebagai fasilitas keamanan maksimum bagi penjahat terburuk Amerika.

Sebagian besar narapidana pertama dipindahkan dari Leavenworth di Kansas. Mereka adalah perampok bank, pembunuh dan pemalsu.

Pulau Alcatraz, dengan nama The Rock, pulau berbatu di Teluk San Francisco, California, AS Pulau ini menempati area seluas 22 hektar (9 hektar) dan terletak 1,5 mil (2 km) lepas pantai.

Pulau ini memiliki sedikit vegetasi dan merupakan habitat burung laut ketika dieksplorasi pada tahun 1775 oleh Letnan Juan Manuel de Ayala, yang menamakannya Isla de los Alcatraces (“Pulau Pelikan”). Dijual pada tahun 1849 kepada pemerintah AS, Alcatraz adalah situs mercusuar pertama (1854) di pantai California.

Setelah itu bangunan lain didirikan di pulau itu, dan detasemen tentara permanen pertama ditempatkan di sana pada tahun 1859. Pada tahun 1861 pulau itu ditetapkan sebagai tempat tinggal bagi para pelanggar militer.

Tahanan kemudian termasuk sekitar 19 orang Indian Hopi dari Wilayah Arizona yang secara pasif menolak upaya pemerintah untuk mengasimilasi mereka dan tentara Amerika yang bertempur di Filipina yang telah bergabung dengan perjuangan Filipina pada tahun 1900. Pada tahun 1907 pulau itu ditetapkan sebagai Cabang Pasifik Penjara Militer Amerika Serikat. 

Dari tahun 1934 hingga 1963, penjara ini berfungsi sebagai penjara federal untuk beberapa tahanan sipil paling berbahaya. Di antara penghuninya yang terkenal adalah Al Capone, George ("Senjata Mesin") Kelly, dan Robert Stroud, "Birdman of Alcatraz" (subjek film tahun 1962 dengan nama yang sama).

Meskipun penjara Alcatraz mampu menampung 450 narapidana dalam sel yang berukuran sekitar 10 kali 4,5 kaki (3 kali 1,5 meter), tidak lebih dari 250 narapidana pernah menduduki pulau itu pada satu waktu. Upaya melarikan diri jarang terjadi, tetapi beberapa narapidana berhasil melarikan diri dari pulau itu; apakah mereka selamat dari arus teluk tidak diketahui.

Satu pelarian yang berani dipopulerkan dalam film Escape from Alcatraz (1979). Akhirnya kebutuhan untuk mengangkut air tawar ke dan limbah jauh dari pulau mengakibatkan ditinggalkannya pada tahun 1963.

Pada tahun 1972 Alcatraz menjadi bagian dari Kawasan Rekreasi Nasional Golden Gate yang baru dibuat. Meskipun tidak ada upaya yang dilakukan untuk memperbaiki struktur di pulau itu sebagian besar telah mengalami kerusakan umum dan pelapukan, dan mercusuar bersejarah serta empat bangunan lainnya terbakar pada tahun 1970 (mercusuar selamat, tetapi sebagian besar bangunan lainnya hancur).

Pulau Alcatraz sekarang terbuka untuk umum dan menjadi tujuan wisata populer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjara narapidana pulau amerika serikat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top