Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Deretan Fakta Kepulauan Seribu, Jadi Destinasi Wisata Terbaik di Jakarta

Selanjutnya, Pulau Seribu punya fakta lain terkait keberadaan replika monas di dasar laut
2

Ada Monas di Bawah Laut hingga Tempat Favorit Burung Berimigrasi

Pulau Macan, Kepulauan Seribu - tripadvisor.com
Pulau Macan, Kepulauan Seribu - tripadvisor.com
Bagikan

Ada Monas di Bawah Laut

Selanjutnya, Pulau Seribu punya fakta lain terkait keberadaan replika monas di dasar laut.

Monasnya Kepulauan Seribu atau biasa disebut Jakarta Coral Garden ini didirikan bukan di daratan, melainkan di bawah laut dalam rangka Coral Day. Jika Anda ingin melihatnya, Anda bisa berkunjung ke Pulau Pramuka.

Monas mini dibangun sebagai wujud kepedulian warga pada terumbu karang yang ada di Kepulauan Seribu.

Berada di kedalaman kurang lebih lima meter dan memiliki tinggi 2,5 meter, Monas Kepulauan Seribu ini dikelilingi 12 rak yang berisi 16 bibit terumbu karang.

Namun untuk mencapai tugu, Anda harus menyelam hingga kedalaman 15 meter terlebih dahulu.

Tempat Favorit Burung Berimigrasi

Indonesia adalah salah satu tempat habitat burung terbesar di dunia karena dari sekitar 10 ribu jenis di dunia, sebanyak 18 persennya bermukim di Nusantara. Pulau seribu adalah salah satu wilayah yang memiliki habitat burung yang sangat beragam tepatnya di pulau Rambut.

Pulau Rambut sejak 1937 ditetapkan sebagai kawasan konservasi bagi burung-burung air dan darat.

Untuk diketahui, setiap tahunnya pulau ini dijejali hingga 24 ribu ekor burung yang berasal baik jenis lokal maupun burung-burung yang bermigrasi dari belahan dunia lain yang berkeliling dunia untuk berkembang biak.

Tempat Eksekusi Mati Pimpinan DI/TII Karto Soewirjo

Pulau seribu adalah tempat pelaksanaan eksekusi mati pimpinan DI/TII Karto soewirjo tepatnya di pulau Ubi. Fakta baru tempat eksekusi regu penembak terhadap Kartosoewirjo dipulau Ubi ini dituangkan dalam buku ‘Hari Terakhir Kartosoewirjo’ yang ditulis Fadli Zon.

Tak Ada Pepohonan di Pulau Gosong

Tidak semua orang tahu kalau di Kepri ada sebuah pulau yang bernama Pulau Gosong. Bukan karena pulau ini terbakar, tapi karena pulau ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berjemur. Intensitas cahaya mataharinya sangat tinggi. Di pulau ini juga tidak ada pepohonan sama sekali. Jadi Anda hanya akan melihat hamparan pasir dan bebatuan di Pulau Gosong ini. Karena itulah suhu di pulau ini sangat tinggi. Ketika Anda berada di dalamnya, permukaan kulit seolah-olah terbakar oleh panasnya matahari. Mayoritas pengunjung pulau ini adalah wisatawan mancanegara.

Satu-satunya Wilayah Ibukota yang Tidak Memiliki Transjakarta

Fakta unik terakhir, terkait dengan bus Transjakarta yang sejatinya bertujuan untuk menghubungkan berbagai wilayah di seluruh Ibukota. Namun hal ini sepertinya belum direalisasikan secara maksimal. Kepulauan Seribu merupakan satu-satunya wilayah Ibukota yang justru tidak dilintasi oleh Transjakarta.

Sampai saat ini, Kepri dihuni oleh lebih dari 23.600 jiwa di lahan yang hanya seluas 8,7 Km2 saja. Memang sangat lengang jika dibandingkan dengan wilayah Ibukota lainnya. Namun angka ini jauh lebih padat dibandingkan beberapa tahun silam. Sehingga, bukan hal yang tidak mungkin jika kedepannya kondisi ini akan segera diperbaiki. Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi Kepulauan Seribu semakin meningkat saja dari berbagai sektor.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pulau seribu
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top