Kepulauan Seribu/wikipedia.org
Travel

Deretan Fakta Kepulauan Seribu, Jadi Destinasi Wisata Terbaik di Jakarta

Arlina Laras
Kamis, 11 Agustus 2022 - 10:26
Bagikan

Jumlah Pulau Tidak Mencapai 1.000

Jumlah Pulau Tidak Mencapai 1.000

Meskipun memiliki nama Kepulauan Seribu, ternyata jumlah pulau yang ada di lokasi satu ini tidak sampai seribu.

Penamaan tersebut hanya sebuah hiperbola yang bertujuan untuk mengungkapkan banyaknya pulau besar dan kecil yang ada di dalam wilayah satu ini. Karena, lokasinya sangat berdekatan, menjadikan tiap pulaunya seolah tidak ada jarak sama sekali, apabila dilihat dari peta.

Berdasarkan hasil penelusuran Bisnis, dilansir dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta, setidaknya ada kurang lebih 342 pulau berbagai ukuran.

Tidak semua pulau disini memiliki vegetasi. Sehingga, tak mengherankan apabila hanya ada 11 pulau yang berpenghuni, berikut adalah daftarnya:

1. Pulau Harapan. Pulau ini terkenal dengan kegiatan menyelam. Terdapat berbagai macam terumbu karang yang indah

2. Pulau Lancang. Pulau ini terdapat penangkaran hutam ekosistem Mangrove.

3. Pulau Onrust. Bisa dikatakan, selain menjadi wisata alam, Kepulauan Seribu juga menjadi tempat peninggalan sejarah. Dalam bahasa Belanda Sendiri, Onrust berarti tidak pernah istirahat karena, di pulau Onrust lah, tempat tersebut dijadikan sebagai pusat perdagangan oleh Belanda. Banyaknya peninggalan penting menjadi saksi bisu sejarah perkembangan Kepulauan Seribu dari masa ke masa. Beberapa peninggalannya, mulai dari bangunan gudang penyimpanan rempah rempah Belanda, ada juga beberapa kompleks pemakaman bersejarah, seperti makam milik pemimpin Kesultanan Banten yaitu Sultan Mahmud Zakaria.

4. Pulau Panggang. Pulau ini menjadi budidaya rumput laut/sea grass terbesar di Indonesia. Hal ini yang menjadi salah satu alasan untuk mengunjungi Panggang Island, yaitu berburu rumput laut.

5. Pulau Pari. Pulau pari kepulauan seribu memiliki pantai pasir putih yang indah, air yang jernih serta kekayaan bawah laut yang tidak diragukan lagi.

6. Pulau Pramuka. Di pulau ini, banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan, seperti snorkeling. Diving dan melihat penangkaran penyu.

7. Pulau Sebira. Di zaman Belanda mendapat julukan sebagai Noord Wachter alias Jaga Utara, karena sejak zaman Belanda pulau ini digunakan untuk menandai adanya daratan, sehingga dibangunlah mercusuar atau menara suar jaga utara, satu-satunya mercusuar di Kepulauan Seribu Jakarta dengan tinggi 65 meter.

8. Pulau Tidung Besar. Mudahnya akses membuat pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

9. Pulau Tidung Kecil. Sama seperti pulau Tidung Besar, mudahnya akses dan banyaknya wahana permainan air, menjadi pilihan wisatawan yang bersama keluarga.

10. Pulau Untung Jawa. Di sini, wisatawan dapat melihat air laut berwarna hijau tosca dan pemandangan kapal lalu lalang. Tak hanya itu, tersedia berbagai penginapan dan kuliner.

11. Pulau Kelapa. Daya tarik pulau ini bisa dilihat dari pantai berpohon mangrove di sepanjang garisnya, deretan perahu nelayan. Tidak lupa kapal-kapal di dermaga bagian utara dan selatan, serta deretan pulau-pulau kecil lainnya.
Selain deretan nama di atas, adapula deretan nama pulau tak berpenghini, seperti Pulau Air Pulau Karang Congkak Pulau Kotok Pulau Semak Daun, dll.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro