Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dijamin Seru, Ini Ide Lomba 17 Agustus dari yang Tradisional, Modern dan Unik

Berikut kumpulan kreasi ide tradisional, modern serta unik yang bisa dijadikan lomba untuk 17 Agustus. Simak ulasannya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  19:30 WIB
Dijamin Seru, Ini Ide Lomba 17 Agustus dari yang Tradisional, Modern dan Unik
Ilustrasi - Antara/Hendra Nurdiyansyah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak masyarakat mencari ide lomba, mulai dari permainan tradisional, modern hingga yang unik untuk 17 Agustus.

Apalagi, mengingat HUT RI ke-77 tinggal menunggu beberapa hari lagi.

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan, biasanya sejumlah masyarakat di banyak daerah selalu menyelenggarakan lomba untuk berbagai kalangan usia.

Hal ini dimaksudkan, selain untuk memperingati dan memeriahkan hari kemerdekaan, berbagai lomba pun bisa menjadi sarana ajang nostalgia, silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

Tentu, ada banyak kegiatan yang bisa diperlombakan. Berikut kumpulan kreasi ide tradisional, modern serta unik yang bisa dijadikan lomba untuk 17 Agustus. Simak ulasannya.

Ide Lomba Tradisional yang Ikonik 17 Agustus

Meski, beberapa ide lomba ini sering dinilai sudah biasa dan selalu ada. Namun, kesan klasik selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk sebagian orang bernostalgia. Berikut ide lomba 17 Agustus yang bernuansa tradisional.

1. Lomba bakiak

Bakiak merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia yang juga bisa dijadikan sebagai lomba 17 Agustus. Bakiak umumnya terbuat dari kayu bertali karet. Sepasang bakiak minimal memiliki tiga pasang sandal sehingga dimainkan oleh tiga orang. Setiap kelompok berjalan menggunakan bakiak tersebut pada lintasan yang sudah ditentukan. Pemenangnya adalah kelompok yang pertama kali mencapai garis finish. Karenanya, dibutuhkan ketangkasan, kekompakan, dan strategi agar anggota kelompok dapat melangkah bersama menggunakan bakiak tanpa terjatuh.

2. Lomba tarik tambang

Tarik tambang merupakan salah satu ikon perayaan 17 Agustus. Meski cara bermainnya sederhana, namun lomba ini sangat seru. Peserta terdiri dari dua tim yang beranggotakan lima hingga sepuluh orang. Kemudian, kedua tim saling berhadapan untuk menarik tambang. Pemenangnya adalah tim yang berhasil menarik tambang dan membuat lawannya terjatuh. Tak hanya kekuatan fisik, lomba ini juga membutuhkan kerja sama dan kekompakan.

3. Lomba estafet tepung atau air

Lomba estafet tepung dan tepunf adalah salah satu lomba 17 Agustus yang dilakukan secara berkelompok, masing-masing berjumlah lima hingga tujuh peserta. Di mana, semua anggota kelompok duduk berbaris ke belakang. Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan tepung ataupu air ke piring yang dipegang oleh peserta di belakangnya. Uniknya, peserta menuangkan tepung tanpa balik badan. Jadi, muka peserta tak luput dari guyuran tepung ataupun air yang tumpah dari piring. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menuangkan tepung atau air paling banyak.

4. Lomba gebuk bantal

Lomba ini melibatkan dua orang peserta yang duduk di atas bambu atau batang pohon panjang. Bambu atau batang pohon tersebut diletakkan di atas sungai atau kolam. Tujuan dari lomba ini adalah memukul bantal sekeras mungkin pada lawan hingga lawan Anda terjatuh ke dalam air. Di saat yang sama, Anda juga harus pintar-pintar menjaga keseimbangan diri. Kalau tidak begitu, bisa-bisa justru Anda yang tergelincir jatuh ke dalam kubangan air. Lomba satu ini tentunya memberikan hiburan tersendiri, baik bagi para peserta maupun penonton.

5. Lomba Makan Kerupuk

Dalam permainan ini, para peserta harus menghabiskan kerupuk yang tergantung di tali. Uniknya, para peserta tidak boleh menggunakan tangan melainkan langsung menggunakan mulut. Peserta yang menghabiskan kerupuk tercepat adalah pemenangnya.

6. Lomba Panjat Pinang

Dalam permainan ini, para pemain harus saling membantu agar salah satu anggota tim bisa berhasil mencapai puncak.

Ide Lomba Modern 17 Agustus

Tidak semua lomba 17 Agustus harus selalu bernuansa tradisional. Nyatanya, Anda bisa memasukkan elemen kekinian ke dalam perlombaan. Di bawah ini adalah beberapa contoh lomba 17 Agustus yang modern.

1. Lomba foto dengan tema kemerdekaan

Lomba foto bisa dilakukan hingga skala nasional. Baik foto selfie maupun lomba seni fotografi juga bisa dilakukan. Peserta bisa mengunggah foto di Instagram dengan tema yang ditentukan panitia. Penentuan pemenang bisa berdasarkan dewan juri maupun likes yang diperoleh.

2. Lomba joget TikTok

Buatlah beberapa tim yang terdiri dari 2-5 orang. Kemudian tantang mereka untuk mengikuti joget TikTok yang sedang viral ataupun yang tidak. Kelompok yang paling kompak, ialah pemenangnya.

3. Lomba video kreatif

Mirip dengan lomba foto, tapi bedanya peserta diminta membuat video. Saat ini sudah banyak platform yang berbasis video seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Tidak ada salahnya mengadakan lomba 17 Agustus online dengan membuat video kreatif tentang cara untuk memaknai kemerdekaan.

4. Lomba makan makanan pedas

Untuk ide lomba hari 17 Agustus yang tak kalah unik juga bisa mengambil inspirasi dari tren kekinian. Salah satunya adalah tren mukbang, atau makan makanan dalam porsi besar dengan rasa yang pedas. Seperti menggunakan mie, atau bisa juga menggunakan potongan ayam ataupun gorengan.

5. Lomba fashion show ala Citayam Fashion Week

Citayam Fashion Week sedang viral dan banyak menyita perhatian masyarakat. Manfaatkan tren ini untuk dijadikan lomba 17 Agustus. Tak perlu modal baju baru atau pakaian bagus lainnya, buatlah tema fashion show sederhana seperti outfit rumahan. Dengan begitu, masyarakat bisa berkreasi menciptakan penampilan keren dengan baju rumahan yang dimilikinya. Entah itu daster, celana pendek, kaos oblong, jarik, dan lainnya. Nantinya panitia bisa memilih aneka kejuaraan, seperti outfit terbaik, terpopuler, ter-nyeleneh, dan sebagainya.

Ide Lomba Unik 17 Agustus

Namun bagi Anda yang ingin memulai tren baru, berikut adalah ide lomba unik nan menarik untuk hari 17 Agustus.

1. Lomba balap karung pakai helm

Ini adalah salah satu versi terunik dari lomba balap karung biasa. Bila biasanya lomba balap karung mengharuskan Anda melompat dengan karung setinggi pinggang, lomba satu ini akan membungkus tubuh hingga pundak. Lomba ini sangatlah populer dengan partisipan anak-anak, Hal unik lainnya dari lomba ini adalah, masing-masing partisipan mengenakan helm sepeda motor full face untuk melindungi wajahnya. Melihat anak-anak kecil berlomba dengan cara melompat hingga garis finish sambil mengenakan helm kebesaran tentunya jadi hiburan tersendiri. Apalagi dengan posisi mereka yang harus melompat dalam posisi jongkok. Sehingga, perlombaan ini wajib dicoba.

2. Lomba sepak bola daster

Sepak bola daster adalah salah satu lomba 17 Agustus yang bisa diikuti oleh kelompok ibu-ibu maupun bapak-bapak. Keunikan dari permainan ini adalah para peserta menggunakan daster. Agar lebih seru, tiap pemain dapat memakai pelengkap lain seperti jilbab yang biasa digunakan ibu-ibu berdaster. Aturan permainan ini mirip sepak bola pada umumnya, hanya saja jumlah tim tidak harus 11 orang.

3. Lomba merias dengan mata tertutup

Lomba ini melibatkan orangtua anak ataupun pasangan suami istri. Di dalam lomba ini, sang anak dan orang tua atau bahkan istri bisa merias suaminya dengan makeup, dan sebaliknya. Ini tentu jadi pemandangan yang menarik. Tentunya, yang unik, di mana Anda bbisa melihat para pria yang tidak pernah dipoles makeup sama sekali. Sebaliknya, Anda juga akan dibuat terbahak-bahak dengan hasil makeup suami yang dikenakan istri ataupun anak. Gelak tawa dengan pasangan pastinya bisa membuat ikatan batin jadi semakin kuat.

4. Lomba futsal dangdut

Model permainannya seperti memainkan sepakbola biasanya. Ketika bola sedang dimainkan, lagu atau musik akan berhenti. Akan tetapi, ketika terdengar bunyi musik atau lagu maka seluruh pemain harus berhenti memainkan bola dan mulai menggerakkan tubuhnya untuk bergoyang. Dari permainan ini, peserta yang memainkannya harus mempunyai daya fokus, sehingga ketika musik mulai berbunyi, kaki harus berhenti menendang dan tubuh harus bergoyang.

5. Lomba menebak benda dalam kardus

Tak kalah seru dan menantang, lomba Agustusan yang kreatif ini menggunakan kardus. Caranya, dengan meletakan benda-benda tertentu ke dalam kardus. Kemudian, setiap peserta memasukkan tangan ke dalam kardus dan menebak benda di dalamnya. Permainan ini dapat meningkatkan daya imanijasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

17 agustus lomba HUT Kemerdekaan RI
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top