Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Deretan Kota Terbaik dan Terburuk di Dunia untuk Tempat Tinggal

Selain itu, kota-kota di negara yang disebut-sebut sebagai negara paling bahagia ini juga memiliki kualitas Kesehatan yang baik.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  19:48 WIB
Deretan Kota Terbaik dan Terburuk di Dunia untuk Tempat Tinggal
Cafe Central di Kota Wina Austria. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang pasti pernah punyai angan untuk tinggal di tempat tinggal impian, yang nyaman dan tentunya dengan lingkungan yang diharapkan.

Tapi ternyata di dunia ada tempat tinggal terbaik dan terburuk yang dapat ditinggali.

Dimana saja kah itu? Ini dia 10 tempat tinggal terbaik dan terburuk di dunia menurut CNBC!

Baru-baru ini Economist Intelligent Unit (EIU) merilis sebuah peringkat Global Liveability Index yang berisi 10 tempat tinggal terbaik dan 10 tempat tinggal terburuj di duni pada tahun 2022.

Dalam indeks yang mencetak 172 kota tersebut seperti dilansir dari CNBC, terdapat lima kategori, budaya, perawatan Kesehatan, Pendidikan, infrastruktur, dan hiburan.

Ekonomi pasar sosial yang berkembang denganbaik mengantarkan kota-kota di Austria dan Swiss menempati peringkat yang tinggi. Lalu ada kota-kota di Skandinavia yang mendominasi kota paling layak huni dikarenakan stabilitas dan infrastruktur yang baik.

Selain itu, kota-kota di negara yang disebut-sebut sebagai negara paling bahagia ini juga memiliki kualitas Kesehatan yang baik serta banyaknya pilihan untuk hiburan dan budaya.

10 Kota Paling Layak Huni Tahun 2022, Wina Australia Peringkat Satu

Wina berhasil menempati peringkat nomor satu kota paling layak ditinggali di dunia tahun 2022, dengan peringkat 95.1/100. Stabilitas di kota the city of music ini mencapai 95%, perawatan Kesehatan dengan skor 83.3 memungkinkan semua orang dapat berobat dengan mudah di kota ini. Selain itu, budaya dan lingkungan di kota ini mencapai skor 98% dan nilai 100 untuk Pendidikan dan infrastruktur.

Meskipun pada tahun 2021, Wina sempat menempati posisi ke 21 dalam indeks kota paling layak huni di dunia. Tahun 2022 ini menjadi tahun Wina meraih peringkat pertama tempat tinggal paling layak huni, seperti pada tahun 2018 dan tahun 2019.

Peringkat kedua diraih oleh Kota Kopenhagen, Denmark , disusul oleh Kota Zurich, Swiss, lalu Kota Calary Kanada. Penonton serial drama ­Descendant of the Sun pasti tahu kota yang menjadi adegan terakhir serial ini, ya, Kota Vancouver, Kanada. Selanjutnya Kota Jenewa, Swiss, lalu Fankfurt, Jerman, dilanjut peringkat ke delapan Kota Toronto, Kanada, ke Sembilan Amsterdam, Belanda, dan peringkat ke sepuluh diraih oleh dua kota sekaligus, Kota Osaka, Jepang serta Melbourne, Australia.

10 Kota Paling Tidak Layak Huni Tahun 2022, Damaskus, Suriah di Urutan Pertama

Hal yang menyebabkan Damaskus, Suriah menjadi kota paling buruk di dunia atau peringkat ke 172 dari 172 adalah stabilitasnya yang hanya mencapai skor 20, dengan perawatan Kesehatan yang meraih nilai 29.9. Budaya dan lingkungan di kota yang dulunya bernama Syam ini meraih nilai 40.5, lalu Pendidikan 33.3 dan infrastruktur 32.1.

Kota-kota yang menempati peringkat selanjutnya dalam daftar kota paling tidak layak huni adalah Teheran, Iran, lalu Kota Douala, Kamerun, Kota Harare Zimbwabwe, Kota Dhaka Bangladesh, Kota Port Moresby, Papua New Guinea, Kota Karachi Pakistan, Kota Aljir, Aljazair, Kota Tripoli, Libya, dan Kota Lagos,Nigeria.

Masalah utama di kota-kota ini umumnya adalah masalah keamanan, itu sebabnya skor stasbilitasnya rendah. Seperti Damaskus yang menurut indeks termasuk ke dalam kota dengan masalah kerusuhan sosial hingga terorisme. Lalu kota Lagos yang cukup dikenal dengan kota dimana tempat terjadi kejahatan terorisme, kerusuhan sipil, hingga kejahatan dan penculikan maritime.

Berikut daftar 10 kota terbaik di dunia untuk ditinggali

  1. Wina, Austria
  2. Kopenhagen, Denmark
  3. Zurich, Swiss
  4. Calgary, Kanada
  5. Vancouver, Kanada
  6. Jenewa, Swiss
  7. Frankfurt, Jerman
  8. Toronto Kanada
  9. Amsterdam, Belanda
  10. Osaka, Jepang dan Melbourne, Australia (seri)

Berikut daftar 10 kota terburuk di dunia untuk ditinggali

  1. Teheran, Iran
  2. Douala, Kamerun
  3. Harare, Zimbabwe
  4. Dhaka, Bangladesh
  5. Port Moresby, PNG
  6. Karachi, Pakistan
  7. Aljir, Aljazair
  8. Tripoli, Libya
  9. Lagos, Nigeria
  10. Damaskus, Suriah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota terbaik dunia kota survei
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top