Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah Festival Qixi, Perayaan Valentine Khas Negeri China

Festival Qixi jatuh pada hari ke-7 bulan lunar ke-7 Cina. Pada tahun 2022 itu tanggal 4 Agustus (Kamis). Tidak ada hari libur umum.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  14:55 WIB
Sejarah Festival Qixi, Perayaan Valentine Khas Negeri China
Festival qixi

Bisnis.com, JAKARTA - Hari raya Valentine umumnya dirayakan setiap tanggal 14 Februari setiap bulannya.

Di negeri tirai bambu China, perayaan hari raya Valentine justru dirayakan besar-besaran pada festival Qixi.

Festival Qixi (Festival Ketujuh Ganda) adalah salah satu festival tradisional China, dan juga dikenal sebagai Hari Valentine China.

Perayaan ini didasarkan pada legenda romantis tentang seorang gadis penenun dan kawanan sapi.

Festival itu jatuh pada hari ke-7 bulan lunar ke-7 Cina. Pada tahun 2022 itu tanggal 4 Agustus (Kamis). Tidak ada hari libur umum.

Festival ini telah dirayakan sejak Dinasti Han (206 SM – 220 M). Pada 20 Mei 2015, Festival Ketujuh Ganda ditambahkan ke daftar Warisan Budaya Takbenda Nasional oleh Dewan Negara China.

Banyak adat-istiadat tradisional yang hilang, atau tidak lagi ditaati. Anda lebih mungkin menemukan ini dipraktekkan di daerah pedesaan seperti dilansir dari chinahighlights berikut ini:

1. Menampilkan keterampilan (menunjukkan ketangkasan) adalah kebiasaan paling populer bagi wanita di malam Qixi. Cara paling lama untuk "memohon keterampilan" adalah dengan cepat memasukkan jarum di bawah sinar bulan. Wanita muda juga mengukir bunga eksotis, binatang, dan burung yang tidak biasa, biasanya pada kulit melon.

2. Menyembah peri penenun (bintang Vega), Zhinü (/jrr-nyoo/) melibatkan meja persembahan: teh, anggur, buah-buahan, lengkeng, kurma merah, hazelnut, kacang tanah, dan biji melon. Di malam hari para wanita muda duduk mengelilingi meja, memamerkan hasil sulaman mereka, menatap Vega, dan berdoa untuk suami yang baik dan kehidupan yang bahagia. Kemudian mereka akan bermain game atau membaca puisi sampai tengah malam.

3. Menghormati lembu: Anak-anak memetik seikat bunga liar dan menggantungnya di tanduk lembu untuk menghormati lembu legendaris. Lihat di bawah.

4. Orang membuat dan memakan 'Skill Fruit' (巧果 qiǎo guǒ /chyaoww-gwor/ 'skill fruit'): kue kering tipis dengan berbagai bentuk yang digoreng.

Cara Festival Qixi Dirayakan

  1. Hadiah festival ketujuh ganda
  2. Double Seven Festival (Qixi) adalah festival tradisional Tiongkok yang paling romantis, dan sejak globalisasi Tiongkok, festival ini dikenal sebagai "Hari Valentine Tiongkok".
  3. Sekarang orang biasanya merayakan Hari Valentine Cina dengan memberikan bunga, cokelat, dan hadiah lainnya kepada kekasih mereka, alih-alih melakukan kebiasaan tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

valentine festival china
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top