Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Gunung yang Biasa Didaki Saat Rayakan Kemerdekaan 17 Agustus

Bagi Anda yang ingin mengibarkan bendera merah putih dari atas puncak gunung, berikut lima gunung indah di Indonesia yang dapat Anda -baik pemula maupun profesi
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  11:34 WIB
Ini 5 Gunung yang Biasa Didaki Saat Rayakan Kemerdekaan 17 Agustus
Gunung Slamet - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Indonesia.

Di hari itu, biasanya digelar upacara atau mengadakan lomba-lomba seperti panjat pinang.

Namun, bagi para pencinta alam, biasanya mereka memilih aktivitas 'mendaki' untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung.

Mendaki gunung hingga sampai ke puncak bagi pecinta alam diibaratkan sebagai perjuangan para pahlawan untuk membebaskan negara dari penjajah dan merdeka. Di puncak gunung, biasanya para pendaki mengibarkan bendera kebangsaan kita yaitu merah putih.

Bagi Anda yang ingin mengibarkan bendera merah putih dari atas puncak gunung, berikut lima gunung indah di Indonesia yang dapat Anda -baik pemula maupun profesional- daki jelang atau saat 17 Agustus rekomendasi dari Pegipegi.

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatra dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci berada di Provinsi Jambi dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl). Mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung berapi tertinggi di Indonesia, tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi para pendaki. Bahkan, banyak masyarakat biasa yang juga berbondong-bondong untuk mendaki Gunung Kerinci demi merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tips untuk pemula, sebaiknya Anda menjaga kesehatan dan kebugaran sebelum mendaki gunung berapi tertinggi di Indonesia ini.

2. Gunung Rinjani

Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia adalah Gunung Rinjani yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Melihat bendera merah putih berkibar dari puncak Gunung Rinjani yang memiliki panorama alam indah, tentu akan membuat hati bangga sekaligus terharu. Faktanya, banyak orang yang datang dari luar pulau hanya untuk menikmati pemandangan indah dari atas Gunung Rinjani. 

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur merupakan salah satu gunung yang sering didaki ketika Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl (12.060 ft) yang menyajikan pemandangan alam sangat indah. Pada Hari Kemerdekaan Indonesia, Gunung Semeru selalu ramai dengan pendaki yang ingin mengibarkan bendera merah putih langsung di puncak gunung.

4. Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.432 mdpl. Tahun lalu, terdapat ribuan pendaki yang menjejakkan kaki di Gunung Slamet untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Pendakian ke puncak Gunung Slamet menjadi salah satu tradisi unik di kalangan muda untuk merayakan peringatan hari bersejarah Indonesia ini. Anda dapat mengajak kerabat, teman, hingga pasangan untuk mendaki gunung sambil menikmati keindahan alam.

5. Gunung Prau

Gunung Prau adalah salah satu gunung yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 2.590 mdpl, para pendaki pemula bisa mendaki gunung ini untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia. Meski demikian, para pendaki pemula sebaiknya tetap didampingi oleh orang yang berpengalaman untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Gunung Prau memiliki pemandangan Bukit Teletubbies yang indah dan memesona sehingga mendakinya pun terasa semakin seru dan menyenangkan.. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung 17 agustus wisata alam
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top