Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 7 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Setengah Tinggi Gunung Everest

Indonesia memiliki keindahan gunung yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Simak 7 gunung tertinggi di Indonesia.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  16:46 WIB
Ini 7 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Setengah Tinggi Gunung Everest
Keindahan kawasan Kayu Aro di kaki Gunung Kerinci, Jambi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak gunung. Mulai dari gunung berapi aktif, hingga gunung non aktif.

Karena kekayaanya, Indonesia memiliki 7 daftar gunung dengan puncak tertinggi yang menjadi daya magnet sendiri bagi para penyuka wisata mendaki. 

Belakangan, wisata mendaki gunung mengalami tren peningkatan. Indonesia juga memiliki 7 Summit atau 7 daftar gunung tertinggi yang bisa dijadikan rekomendasi bagi para pendaki. Diantaranya, ada yang ketinggiannya mencapai setengah dari gunung tertinggi di dunia yakni Everest.

Berikut daftar 7 gunung tertinggi atau 7 Summit Indonesia:

1. Carstensz Pyramid (Puncak Jaya)

Gunung Jaya Wijaya menjadi salah satu gunung yang paling mahsyur dikenal lantara ketinggiannya. Tak main-main, Puncak Jaya atau yang juga dikenal dengan Carstensz Pyramid di Papua, memiliki ketinggian 4.884 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Ketinggiannya itu sama dengan setengah dari ketinggian gunung tertinggi di dunia yakni Everest dengan ketinggian 8.849 mdpl.

Karenannya, tak heran bila Carstensz Pyramid selalu menarik perhatian para pendaki profesional baik dalam maupun luar negeri. Hal lain yang menjadi daya tarik gunung ini adalah keberadaan salju abadi yang berada di puncak tertinggi di Indonesia. Bahkan, Puncak Jaya Wijaya juga masuk kedalam salah satu dari World Seven Summits.

Namun, untuk mencapai puncak Seven Summit Indonesia ini, tidaklah sembarangan. Pendaki harus memiliki keahlian panjat tebing yang mumpuni. Untuk diketahui, Jalur pendakian untuk mencapai puncak Carstensz Pyramid ada dua, yakni dari Ilaga dan Sugapa.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci menduduki posisi kedua sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Gunung tertinggi di pulau Sumatera ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Jika Anda berminat menjadikan gunung ini sebagai daftar gunung yang hendak didaki, Gunung Kerinci berada di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Kepopuleran Gunung Kerinci juga kian melambung usai gunung ini menyandang status sebagai gunung api tertinggi di Asia Tenggara.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru berlokasi di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Gunung Semeru membujur dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.676 mdpl. Berbeda denga gunung Jaya Wijaya, Gunung Semeru merupakan gunung aktif yang berada dibawah pengawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung ini sangat popular lantaran memiliki kontur medan yang unik. Gunung Semeru memiliki danau, hutan cemara, hingga hutan montana yang siap memanjakan mata Anda saat mendakinya.

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini berlokasi di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Karena ketinggiannya itu, Gunung Rinjani masuk dalam salah satu Seven Summit Indonesia. 

Sama halnya seperti Gunung Semeru dan Kerinci, Gunung Rinjani juga merupakan gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia. Yang menjadi daya tarik, gunung ini memiliki danau yang berada dipuncak, danau tersebut bernama Danau Kaldera. 

Bagi Anda yang tertarik mendaki, terdapat dua jalur pendakian Gunung Rinjani, yakni dari Sembalun dan Senaru.

5. Gunung Bukit Raya

Pulau Kalimantan juga memiliki salah satu gunung yang menjulang masuk ke dalam daftar 7 Summit Indonesia lewat keberadaan Gunung Bukit Raya. Gunung ini berdiri kokoh di tanah Kalimantan dengan ketinggian 2.278 mdpl hingga membuatnya masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia.

Lokasi Gunung Bukit Raya berada di perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dan Gunung Bukit Baka-Bukit Raya bukan termasuk dalam gunung berapi aktif.

6. Gunung Latimojong

Seven Summit Indonesia diposisi keenam ditempati oleh Gunung Latimojong yang berlokasi di Pulau Sulawesi. Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3.430 mdpl. Gunung ini memiliki satwa khas yang menghuni loakasi ini.

Para pendaki juga masih dapat bertemu dengan anoa hingga babi rusa di jalur pendakian. Kelestarian alam yang masih utuh yang dimiliki Gunung Latimojong membuatnya memiliki daya tarik tersendiri.

7. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya merupakan salah satu gunung yang masuk ke dalam daftar 7 Summit Indonesia. Gunung ini memiliki puncak setinggi 3.027 mdpl. Gunung Binaiya berada di pulau Seram, Maluku. Gunung ini juga memiliki kontur medan yang bervariasi hingga mampu memberikan pengalaman mendaki yang tak terlupakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata gunung berapi gunung rinjani Gunung Semeru Gunung Kerinci
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top