Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan Jepang, Ini Manfaat Makan Natto

Natto mengandung vitamin K2 dalam jumlah tinggi, yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kekakuan tulang
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 31 Juli 2022  |  17:46 WIB
Makanan Jepang, Ini Manfaat Makan Natto
Makanan natto sedang menjadi tren di media sosial

Bisnis.com, JAKARTA - Media sosial sedang dibanjiri oleh tren mencicipi makanan asal Jepang, yaitu natto. Ada orang yang menunjukkan rasa suka dan sebagian lainnya tampak kurang menikmati makanan fermentasi ini.

Padahal, natto bukan sekedar makanan biasa, tetapi ia mengandung manfaat kesehatan yang bermakna. Berkat manfaat kesehatannya, natto semakin masuk ke pasar di negara-negara barat. 

Manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan mulai dari menyehatkan usus hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Makanan tradisional Jepang ini memiliki rasa yang kuat, tekstur berlendir, dan bau yang tidak familiar sehingga dianggap sebagai klasik mutlak. Cara terbaik untuk memakan natto adalah dalam keadaan dingin. Namun, jika rasanya kurang menarik bagi kamu, cobalah mencampurnya dengan sesuatu yang lain, seperti sayuran.

Simak penjelasan di bawah ini yang perlu kamu ketahui tentang manfaat natto untuk kesehatan, seperti yang dilansir dari Pinkvilla pada Jumat (29/7/2022).

4 Alasan Natto Jepang Sehat untuk Tubuh

1. Meningkatkan pencernaan

Natto dilengkapi dengan probiotik yang sangat sehat untuk pencernaan dan usus. Jumlah probiotik dalam natto cukup untuk membantu kamu menghindari diare dengan konsumsi teratur. Natto menyediakan hampir sebanyak probiotik per gram seperti yang kamu dapatkan di seluruh porsi sebagian besar makanan yang diperkaya probiotik lainnya.

2. Membantu kesehatan jantung

Natto mengandung serat dan probiotik. Kandungan ini bersama-sama berkontribusi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. 

Sementara, fermentasi natto menghasilkan natto kinase — enzim yang membantu melarutkan bekuan darah dan menjaga kelancaran aliran darah di dalam tubuh. Faktanya, karena tidak memiliki efek samping dan memberikan manfaat jangka panjang, natto mungkin lebih mengencerkan darah daripada pengencer darah yang mahal.

3. Membantu dalam penurunan berat badan

Produk yang terbuat dari kedelai difermentasi telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan secara keseluruhan dan penurunan berat badan. 

Kandungan probiotik yang tinggi dalam natto dapat membantu untuk penurunan berat badan karena probiotik dan suplemen lainnya dapat mencegah lemak serta dapat menghindari penumpukan massa lemak di tubuh. Probiotik juga dapat mengurangi penyerapan kalori dari makanan yang kamu konsumsi.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Penipisan dan pelemahan tulang adalah aspek yang tak terhindarkan dari tahap penuaan manusia. Uniknya, konsumsi natto dan kesehatan tulang memiliki hubungan manfaat yang sangat erat. 

Natto mengandung vitamin K2 dalam jumlah tinggi, yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kekakuan tulang. Vitamin K2 juga baik untuk meningkatkan kepadatan mineral dan mencegah perkembangan Osteoporosis (suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang kuliner jepang makanan jepang makanan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top