Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dijamin Raos, Ini 5 Makanan Khas Sunda yang Melegenda

Dibandingkan dengan makanan tradisional Indonesia lainnya, makanan Sunda sebagian besar dicirikan oleh rasa asam yang segar, rasa asin, rasa pedas, dan sedikit rasa manis. Komponen utama lainnya adalah sayuran hijau mentah yang dikenal sebagai "lalab" dan bumbu terasi.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  20:17 WIB
Dijamin Raos, Ini 5 Makanan Khas Sunda yang Melegenda
Serabi - wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia memiliki banyak makanan yang beragam sehingga cocok menjadi destinasi wisata kuliner, terutama dengan makanan khas daerahnya.

Misalnya adalah makanan khas sunda, Jawa Timur, hingga Jawa Tengah yang memiliki karakteristik tersendiri dan sangat menggugah selera.

Di tanah Sunda, ada juga sejumlah makanan khas yang melegenda sejak dulu kala.

Makanan khas ini, biasanya diburu pecinta kuliner ketika berkunjung ke daerah Jawa Barat ini.

Dibandingkan dengan makanan tradisional Indonesia lainnya, makanan Sunda sebagian besar dicirikan oleh rasa asam yang segar, rasa asin, rasa pedas, dan sedikit rasa manis. Komponen utama lainnya adalah sayuran hijau mentah yang dikenal sebagai "lalab" dan bumbu terasi.

Berikut 5 Makanan Khas Sunda yang melegenda yang sayang untuk dilewatkan:

1. Batagor

Batagor adalah singkatan dari “Bakso Tahu Goreng”. Bakso terbuat dari daging ikan giling, tepung kanji, daun bawang, garam, dan merica. Diisi di dalam tahu, digoreng hingga garing dan dipotong kecil-kecil. Langkah terakhir adalah mengolesi gorengan dengan saus kacang, kecap manis, dan air jeruk nipis. Jika Anda menyukai sesuatu yang pedas, tambahkan saja saus sambal.

2. Cireng

Cireng, singkatan dari “Aci Digoreng” merupakan salah satu jajanan yang paling digemari di Jawa Barat, bahkan di Indonesia. Untuk membuat hidangan bertepung ini cukup sederhana; tepung tapioka dan tepung terigu dicampur dengan air, garam, merica, bubuk kedelai, dan daun bawang. Adonan dibagi menjadi potongan-potongan kecil, dibentuk menjadi berbagai bentuk dan kemudian digoreng.

3. Combro

Combro adalah camilan Sunda lain yang patut dicoba dan tidak boleh Anda lewatkan. Bahan dasar yang digunakan adalah singkong parut. Potongan bengkuang dibentuk menjadi bola-bola sedang dan diisi dengan oncom tumis. Paling baik dikunyah dengan cabai hijau

4. Surabi

Surabi adalah pancake versi tradisional, terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras, dipanggang secara unik di atas cetakan kue tanah liat di atas arang panas. Ada berbagai macam topping yang bisa kamu pilih, seperti gula aren, pisang, keju, nangka, dan durian.

5. Karedok

Karedok terdiri dari kacang panjang cincang, tanaman hijau kecil, mentimun, kubis, dan taoge. Sayuran yang sudah dipotong kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang telah disangrai terlebih dahulu. Hidangan yang tampak seperti salad ini bisa langsung disantap atau ditambah dengan nasi putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sunda kuliner
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top