Plasa Simpanglima di Semarang/plasasimpanglima.com
Travel

Mengenal Plasa Simpanglima: Mal Tertua di Jawa Tengah, Dibangun Tahun 1988

Imam Yuda Saputra
Senin, 18 Juli 2022 - 13:14
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Jawa Tengah menjadi provinsi keempat dengan jumlah mal terbanyak di Indonesia.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021, ada sekitar 51 mal yang berdiri di berbagai daerah di wilayah Jateng.

Dari 51 mal ini, beberapa mal telah berusia lebih dari 30 tahun. Mal-mal ini juga sudah beroperasi sejak tahun 1990-an.

Salah satu mal yang sudah beroperasi sejak 1990-an dan dianggap sebagai mal tertua di Jateng adalah Plasa Simpanglima atau yang dikenal juga dengan nama Simpang Lima Plaza di Semarang.

Sesuai namanya, Plasa Simpanglima terletak berdekatan dengan landmark Kota Semarang, yakni Lapangan Simpang Lima Semarang. Lokasi tepatnya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 1, Kota Semarang.

Dikutip dari situs plasasimpanglima.com, salah satu mal tertua di Kota Semarang dan Jateng ini dibangun sejak tahun 1988.

Namun mal ini baru resmi dibuka atau beroperasi pada tahun 1990. Plasa Simpanglima juga telah mengalami berbagai renovasi sejak kali pertama dibangun.

Awalnya, Plasa Simpanglima dibangun dalam 11 lantai dengan luas bangunan mencapai 30.139 meter persegi. Namun pada 1998, pembangunan mal tertua di Semarang dan Jateng ini ditambah bangunan lantai 1 hingga 4 yang merupakan kawasan pertokoan dengan luas mencapai 8.796 meter persegi.

Dengan demikian, total luas bangunan Plasa Simpanglima saat ini mencapai 38.935 meter persegi.

Mal ini juga dilengkapi dengan jembatan penghubung yang menghubungkan Plasa Simpanglima dengan Mal Ciputra sejak 2006 lalu.

Selain itu, di lantai ke-11 mal tertua di Jateng dan Semarang ini juga dilengkapi hotel, yakni Hotel Grand Arkenso Park View.

Plasa Simpanglima juga menyajikan berbagai gerai produk nasional hingga internasional seperti makanan cepat saji Pizza Hut, Dunkin’ Donuts, Matahari Depertement Store, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Solopos
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro