Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Liburan ke Bali, Kunjungi 5 Desa Wisata Menarik Berikut

Berikut 5 desa wisata di Bali yang bisa Anda datangi saat liburan ke pulau dewata dikutip dari Indonesia Travel
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 14 Juli 2022  |  17:24 WIB
Liburan ke Bali, Kunjungi 5 Desa Wisata Menarik Berikut
Desa Wisata Penglipuran - Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Liburan ke Bali, identik dengan pantainya. Ini adalah tujuan wisata yang umum.

Buat Anda yang ingin menjajal suasana baru di pulau dewata itu, bisa menjelajahi desa wisata yang ada di sana.

Di desa wisata yang ada Pulau Seribu Pura ini, Anda bisa belajar banyak tentang adat dan budaya, merasakan keramahan warga lokal, hingga menelusuri hidden gems ciamik yang belum begitu terjamah wisatawan. 

Berikut 5 desa wisata di Bali yang bisa Anda datangi saat liburan ke pulau dewata dikutip dari Indonesia Travel:

1. Desa Wisata Tenganan Pegringsingan

Desa ini kental dengan wisata budaya nuansa Pulau Dewata. Di sini, pengunjung bisa belajar seputar gaya hidup masyarakatnya yang masih sangat berpedoman pada aturan adat istiadat serta peninggalan leluhur. Bahkan kerajinan ukir daun lontar dan tenun gringsing masih terus dilestarikan dan menjadi salah satu suvenir andalan khas Desa Wisata Tenganan Pegringsingan.

2. Desa Wisata Carangsari

Punya julukan sebagai "Carangsari the Historical Village", ternyata desa ini merupakan tempat lahir dari pahlawan kemerdekaan, I Gusti Ngurah Rai, lho! Suasana adat dengan nuansa bersejarah yang lekat dengan zaman kolonialisme Belanda pun terasa kental dan jadi salah satu pengalaman unik yang cuma bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Desa Wisata Carangsari.

Selain itu, ada juga destinasi alam menantang seperti arung jeram di Sungai Ayung, sensasi naik ayunan alam di LeKaja Bali Swing, dan trekking seru di perkebunan cokelat! 

3. Desa Wisata Penglipuran

Desa ini pernah dinobatkan sebagai salah satu Desa Terbersih di Dunia versi Green Destinations Foundation, lho! Suasana asri dan rapi di desa ini bisa terwujud berkat komitmen kuat dari masyarakat lokalnya, misalnya dengan menerapkan larangan menggunakan kendaraan bermotor di dalam desa supaya meminimalisir polusi, mengusung pola tata ruang desa berkonsep Tri Mandala, hingga menjaga keberadaan hutan bambu agar senantiasa asri.

Kalau ke sini, Anda wajib jalan santai di pagi atau sore hari buat menikmati hangatnya ramah tamah warga lokal yang dilengkapi pemandangan pura indah beserta tanaman hijau di sekitarnya. 

4. Desa Wisata Mas 

Desa yang sudah dikenal sejak tahun 1930-an sebagai kampung pemahat legendaris di Bali ini punya banyak destinasi bagi para pencinta seni dan pastinya bernilai estetika tinggi.

Sebut saja seperti Siadja Gallery, galeri seni pertama di Bali yang masih eksis hingga sekarang sejak didirikan pada zaman pemerintahan Presiden Soekarno. Ada pula ragam arsitektur kuno di Njana Tilem Museum, sebuah museum dengan gaya bangunan khas Majapahit Kuno yang memiliki patung tujuh wajah serta patung Dewi Sri yang luar biasa indahnya.

5. Desa Wisata Pemuteran

Kawasan yang dulunya merupakan desa nelayan ini sukses bertransformasi menjadi sebuah hidden gem pariwisata Bali berkat kelihaian seorang pemandu wisata bernama I Gusti Agung Prana.

Karena terletak di pesisir pantai, sudah pasti wisata baharinya yang jadi pesona unggulan. Sederet spot snorkeling dan diving siap memanjakan mata Anda dengan kecantikan panorama bawah lautnya, seperti spot Underwater Temple Garden yang paling terkenal dengan auranya yang misterius dan menakjubkan karena terdapat banyak arca di dasar laut. Penangkaran penyu di Desa Wisata Pemuteran juga pas banget buat masuk daftar wisata edukasi bareng keluarga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

DESA WISATA bali
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top