Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Traveler, Begini Etika Traveling ke Tempat Baru, Jangan Sembarangan!

Bagi Anda yang ingin traveling ke daerah atau negara mana pun, berikut rangkuman dari Pegipegi terkait tujuh etika yang wajib Anda ketahui!
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 Juli 2022  |  11:21 WIB
Traveler, Begini Etika Traveling ke Tempat Baru, Jangan Sembarangan!
Ilustrasi orang sedang mengambil foto saat liburan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pecinta traveling, kelilig suatu wilayah atau negara  pasti adalah hal yang menyenangkan.

Tapi, kadangkala mungkin Anda lupa saat traveling harus menjaga etika saat berkunjung ke tempat baru.

Alasannya, karena setiap daerah maupun negara memiliki kode etik yang berbeda-beda. Jadi, sebagai tamu sebaiknya Anda mencari tahu hal yang boleh atau pun tidak boleh dilakukan saat traveling ke tempat baru. 

Bagi Anda yang ingin traveling ke daerah atau negara mana pun, berikut rangkuman dari Pegipegi terkait tujuh etika yang wajib Anda ketahui!

1. Ketahui Bahwa Anda adalah Tamu

Saat traveling ke tempat baru, hal yang perlu Anda lakukan pertama adalah menanamkan pada diri sendiri bahwa Anda hanyalah seorang tamu dan tidak tinggal di tempat tersebut. Hal ini berarti, sebagai tamu, Anda sepatutnya tidak boleh merasa terlalu nyaman seperti tinggal di rumah sendiri. Selain itu, sebagai tamu tentu Anda harus menghormati si tuan rumah. Artinya, menghormati segala sesuatu yang ada di daerah tersebut, termasuk penduduk setempat dan bersikap sopan menjadi hal yang perlu diperhatikan

2. Pelajari dan Patuhi Aturan atau Adat Istiadat Setempat

Ketika Anda menemukan papan petunjuk yang berisi aturan yang boleh atau tidak boleh dilakukan di daerah sekitar, maka patuhi aturan tersebut. Aturan atau adat istiadat tersebut pasti dibuat karena ada alasan tertentu. Sebagai contoh, di Bali terdapat aturan bahwa tidak boleh menginjak atau merusak sesajen, dan perempuan yang sedang menstruasi dilarang memasuki area suci. Aturan tersebut harus Anda patuhi karena merupakan bentuk rasa hormat terhadap tradisi atau kepercayaan setempat.

3. Gunakan Pakaian yang Sesuai

Sama halnya di Bali, biasanya setiap negara memiliki aturan berpakaian tersendiri untuk pria dan wanita. Aturan tersebut diharapkan untuk diikuti oleh turis asing sebagai bentuk rasa hormat. Seperti contohnya, para wanita dilarang mengekspos terlalu banyak bagian yang terbuka, dilarang menggunakan sandal jepit, bahkan di Prancis Anda tidak boleh menggunakan piyama saat ke mall. Meskipun Anda tidak setuju karena tidak sesuai dengan budaya Anda, Anda diharapkan untuk tetap mematuhi aturan tersebut. Dengan mematuhi, itu menunjukkan kalau Anda menghargai aturan atau tradisi setempat, sekaligus liburan Anda akan tetap aman karena tidak melawan aturan.

4. Perhatikan Cara Bicara

Perlu diingat bahwa meskipun sudah melakukan riset mendalam mengenai suatu tempat, bukan berarti Anda mengetahui segalanya tentang tempat tersebut. Sebaiknya, jangan mencoba untuk berbicara atau berdebat dengan penduduk setempat tentang sesuatu hal yang tidak Anda pahami. Sebagian daerah atau negara memiliki konflik politik dan sejarah yang rumit, maka dari itu, hindari untuk berdebat terkait topik gaya hidup, politik, dan agama. Perhatikan fakta bahwa penduduk setempat mungkin sensitif tentang topik tertentu, terutama tentang politik dan agama.

5. Bijak dalam Mengambil Gambar

Mengambil gambar atau berswafoto di destinasi tertentu memang sudah menjadi kebiasaan para wisatawan. Selain sebagai kenang-kenangan, foto tersebut juga bisa menjadi bahan untuk di-posting pada halaman sosial media. Tapi, Anda perlu berhati-hati ketika ingin mengambil gambar dari suatu objek tertentu seperti pantai, tempat ibadah, dan museum. Hal ini karena di beberapa tempat menerapkan aturan tentang larangan mengambil gambar atau video. Selain itu, jika Anda ingin berswafoto bersama penduduk lokal, harap meminta izin terlebih dahulu kepada mereka. Anda bisa bertanya beberapa pertanyaan seperti ‘apakah boleh untuk mengambil foto atau video?’, apakah keberatan jika foto atau video tersebut diunggah ke halaman sosial media?’, dan lainnya. Mungkin terdengar sepele, tapi itu penting untuk dilakukan sebagai bentuk menghargai privasi mereka.

6. Ikut serta Menjaga Lingkungan

Jika Anda pergi traveling, salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan. Seperti contoh, di sejumlah negara sudah ada aturan dilarangnya buang sampah sembarangan di jalan, tidak boleh melakukan aksi vandalisme, atau bahkan meludah sembarangan di jalan. Sebagai traveler, Anda juga memiliki tanggung jawab untuk merawat tempat yang Anda kunjungi. Rawatlah tempat-tempat tersebut agar lingkungannya tetap bersih dan terjaga sehingga dapat terus dikunjungi oleh wisatawan lain.

7. Bijak dalam Tawar Menawar Barang

Kegiatan tawar menawar bukanlah hal yang baru dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, di beberapa daerah atau negara sudah menjadi kebiasaan. Namun, ketika kegiatan tawar menawar dilakukan dengan tidak 'hormat atau sopan', tentu itu akan membuat malu si penjual. Selama harganya wajar, sebaiknya jangan mencoba menawar di toko tradisional. Di banyak negara, warganya bergantung pada pendapatan yang mereka peroleh dari pariwisata. Jadi, lebih baik membayar harga penuh jika Anda tidak yakin apakah tawar-menawar itu diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling etika Liburan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top