Mie instant/shopee
Kuliner

Ini yang Terjadi dalam Tubuh Anda Saat Makan Mie Instan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 13 Juli 2022 - 13:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mie instan adalah salah satu makanan favorit anak-anak hingga dewasa.

Bahkan, mie instan sering menjadi pilihan utama ketika Anda merasa lapar di tengah malam dan malam memasak yang bikin ribet.

Namun, tahukah Anda apa yang terjadi saat Anda mengonsumsi mie instan?

Dr. Braden Kuo, Ahli Gastroenterologi, Rumah Sakit Umum Massachusetts, melakukan penelitian terkait apa yang terjadi pada tubuh manusia saat mengonsumsi mie instan.

Penelitian ini menggunakan kamera pil pada subjek yang diminta untuk mengonsumsi mie instan dan mie ramen segar buatan sendiri setiap hari selama penelitian.

Hasilnya, Dr. Kuo menemukan bahwa mie ramen buatan sendiri langsung dicerna dalam 1-2 jam, sedangkan mie instan yang disebut tidak pecah, tetap utuh dan tidak tercerna di perut bahkan beberapa jam setelah dikonsumsi.

Yang lebih mengejutkan dalam penelitian tersebut adalah bagaimana perut mencoba bergerak maju mundur untuk mencerna atau memecah mie instan. Penyebab di balik ini disebut-sebut sebagai pengawet yang ada dalam mie instan.

“Pada dua dan empat jam, ukuran tertentu dari mie ramen jauh lebih besar atau terbentuk daripada mie ramen buatan sendiri pada setiap titik waktu tersebut, menunjukkan bahwa mie ramen sulit untuk dipecah menjadi partikel yang tak terbatas. penting selama proses pencernaan.” ujarnya dilansir dari News18.

Menurut FDA, pengawet utama dalam mie instan adalah Tersier-butil hidrokuinon (TBHQ) yang dapat menyebabkan penyakit, melemahkan organ jika dimakan secara rutin dalam jangka waktu yang lama dan meningkatkan risiko tumor dan kanker. TBHQ juga digunakan dalam parfum.

Selain TBHQ, Propylene Glycol digunakan dalam mie instan untuk mempertahankan teksturnya bahkan saat dimasak dalam air panas. Produk yang sama digunakan dalam produk tembakau.

Sebagian besar Mie Instan atau Mie cup hadir dalam kemasan yang mengandung Bisphenol A (BPA) yang masuk ke dalam tubuh Anda saat mi instan ini dimasak di dalam cangkirnya sendiri dengan menambahkan air super panas. BPA dapat menghancurkan metabolisme Anda.

Terlepas dari bahan kimia sintetik ini, Sodium, Corn Syrup, Palm Oil dan Monosodium Glutamate (MSG) adalah bahan-bahan lain yang memiliki efek samping tersendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro