Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia Tahun 2022

Berikut 10 negara terbersih pada tahun 2022 yang dinilai dari kualitas udara, air, sanitasi, keanekaragaman hayati, habitat, dan keberlanjutan, dilansir dari World Population Review
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 12 Juli 2022  |  15:18 WIB
Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia Tahun 2022
Patung Little Mermaid di Kopenhagen - mermaidsofearth.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kebersihan menandakan kehidupan yang lebih baik dan lebih lama. Air bersih, udara bersih, penanganan limbah yang efisien, dan sanitasi yang efektif semuanya dapat meningkatkan kesehatan manusia secara signifikan. Dibuktikan dengan beberapa negara yang dinobatkan sebagai negara terbersih.

Negara dengan skor kualitas udara yang tinggi mengurangi kemungkinan warganya terkena partikel berbahaya seperti partikel halus (PM2.5), yang mengurangi frekuensi penyakit karena polusi udara, seperti penyakit pernapasan atau kardiovaskular. Negara-negara dengan tingkat polusi tinggi mengalami tingkat penyakit tidak menular yang tinggi. Terhitung 72% dari semua kematian, 16% di antaranya disebabkan oleh polusi beracun.

Para peneliti di Universitas Yale dan Universitas Columbia bekerja sama dengan Forum Ekonomi Dunia untuk mengukur kebersihan dan keramahan lingkungan dari 180 negara di seluruh dunia. Mereka menciptakan Indeks Kinerja Lingkungan (EPI) dengan dua tujuan kebijakan yang menyeluruh yaitu vitalitas ekosistem dan kesehatan lingkungan

Berikut 10 negara terbersih pada tahun 2022 yang dinilai dari kualitas udara, air, sanitasi, keanekaragaman hayati, habitat, dan keberlanjutan, dilansir dari World Population Review:

1. Denmark

Dengan total skor EPI 82,5, Denmark adalah negara terbersih dan paling ramah lingkungan. Denmark menonjol karena skornya yang tinggi dalam beberapa kategori, termasuk Pengolahan Air Limbah (100), Pengelolaan Limbah (99,8), dan Indeks Perlindungan Spesies (100). Denmark memiliki kebijakan dunia yang paling efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim.

2. Luksemburg

Sebuah negara yang relatif kecil dengan kurang dari 600.000 orang, Luksemburg adalah negara dengan sebagian besar pedesaan, hutan lebat, dan taman alam yang luas. Skor keseluruhan Luksemburg adalah 82,3, tetapi yang lebih mengesankan adalah skornya dalam Sanitasi (100), Air Minum (97,7), dan Emisi Polusi (100).

3. Swiss

Swiss adalah negara terbersih ketiga di dunia, dengan skor EPI keseluruhan 81,5. Swiss mendapat skor sangat tinggi untuk Air Minum (100) dan Sanitasi (100), dan menyamai skor sempurna Denmark dalam Indeks Perlindungan Spesies. Tidak mengherankan, Swiss dikenal dengan air bersih dan satwa liarnya yang melimpah.

4.  Inggris Raya

Inggris Raya adalah negara terbersih keempat di dunia dengan EPI 81,3. Skor ini mengesankan, mengingat populasi negara itu 66,52 juta. Inggris memiliki nilai sempurna untuk Air Minum, Sanitasi, dan Emisi Polusi.

5. Prancis

Prancis memiliki skor EPI 80, menjadikannya negara terbersih kelima di dunia. Meskipun Prancis terindustrialisasi, hampir 80% energinya berasal dari tenaga nuklir. Mengurangi emisi karbon hingga mencapai skor 100 sempurna dalam Emisi Polusi. Prancis memiliki turbin air di sepanjang sungainya dan melarang supermarket membuang makanan yang tidak terpakai.

6. Austria

Dengan EPI 79,6, Austria adalah negara terbersih keenam di dunia. Austria menempati peringkat ketiga secara keseluruhan untuk pertanian, memiliki peraturan ketat untuk pestisida dan pupuk, dan kelima untuk vitalitas ekosistem. Austria dikenal memiliki beberapa standar polusi udara, bahan kimia, dan pengelolaan limbah paling ketat di Eropa. Sekitar dua pertiga dari Austria ditutupi hutan lebat dan padang rumput.

7. Finlandia

Finlandia adalah terbersih ketujuh dengan sekitar 35% energi Finlandia berasal dari sumber energi terbarukan. Finlandia menempati peringkat pertama di dunia untuk Kesehatan Lingkungan (99,3) dan Kualitas Udara (98,8), serta mencapai 100 sempurna untuk Sanitasi & Air Minum dan Paparan Logam Berat. Negara ini juga memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

8. Swedia

Skor EPI Swedia adalah 78,7. Negara ini adalah salah satu yang paling berfokus pada keberlanjutan di dunia dan dikenal karena emisi karbon dioksidanya yang renda. Swedia berfokus pada alam dan telah meningkatkan penghijauan di seluruh negeri sambil melestarikan ribuan hektar hutan.

9. Norwegia

EPI Norwegia adalah 77,7 dan memiliki skor 100 sempurna untuk Sanitasi dan Air Minum serta skor kualitas udara 97,9. Norwegia adalah yang kedua di dunia dalam Kesehatan Lingkungan setelah Finlandia. Listrik Norwegia 97% terbarukan. Pada akhir tahun 2020, pemerintah menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 30%.

10.  Jerman

Jerman adalah negara terbersih kesepuluh dan juga negara paling maju secara teknologi di dunia. Skor EPI-nya adalah 77,2, dengan skor sempurna untuk Sanitasi Berbahaya dan peringkat keempat untuk Keanekaragaman Hayati & Habitat. Jerman sedang menuju “revolusi energi terbarukan” dengan meningkatkan keramahan lingkungannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara kebersihan destinasi wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top