Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Danau Terdalam di Dunia, Salah Satunya Ada di Sulawesi

Berikut 10 danau terdalam di dunia, yang ternyata salah satunya adalah danau Matano di Sulawesi
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  09:43 WIB
Ini 10 Danau Terdalam di Dunia, Salah Satunya Ada di Sulawesi
Danau Matano, salah satu danau terdalam di dunia - kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA — Danau adalah habitat yang menampung berbagai keanekaragaman hayati laut yang bervariasai dalam ukuran dan kedalamannya.

Beberapa danau tampak tertutup, namun banyak juga yang merupakan danau terbuka dan airnya berakhir di laut.

Berikut 10 danau terdalam di dunia, dilansir dari AZ Animals:

1. Danau Baikal, Rusia

Memiliki kedalaman maksimum 5.387 kaki atau 1.642 meter, Danau Baikal adalah danau terdalam di dunia. Terletak di Siberia dan terbentuk di lembah keretakan kuno, Danau Baikal juga merupakan danau air tawar terbesar di dunia, yang mengandung lebih dari 20% dari semua air tawar yang tidak beku di Bumi. Danau Baikal telah ada selama 25 juta tahun, menjadikannya danau tertua yang diketahui.

2. Danau Tanganyika, Tanzania, Republik Demokratik Kongo, Burundi, dan Zambia

Danau Tanganyika dianggap sebagai Danau Besar Afrika karena membentang di empat negara di Afrika yaitu Tanzania, Zambia, Burundi, dan Republik Demokratik Kongo. Selain sebagai danau air tawar terpanjang di dunia, danau ini juga memiliki kedalaman 4.820 kaki atau 1.470 meter, menjadikannya danau terdalam kedua di dunia. Danau ini memiliki keanekaragaman hayati laut tingkat tinggi yang sangat panjang dan sempit.

3.  Danau Laut Kaspia, Kazakhstan, Turkmenistan, Iran, Azerbaijan, dan Rusia

Sebagai danau terbesar di planet ini, tidak diragukan lagi bahwa Laut Kaspia membentang tidak hanya ke dua atau tiga negara, tetapi ke lima wilayah yaitu Rusia, Kazakhstan, Iran, Turkmenistan, dan Azerbaijan. Merupakan danau garam terbesar di Bumi, cekungan tertutup terbesar, dan danau terdalam ketiga di dunia. Laut Kaspia memiliki kedalaman 3.363 kaki atau 1.025 meter.

4. Danau Vostok, Antartika

Tidak semua danau bisa dilihat dengan mata telanjang. Danau Vostok berbeda dari danau lain ini karena sulit dikenali dari permukaan biasa. Terletak di benua paling es di dunia, Danau Vostok di Antartika terkubur sekitar 2,5 mil (4 km) dari permukaan. Mencapai kedalaman maksimum 900 meter atau 3.000 kaki, menampung hampir 5.400 kilometer kubik air tawar. Banyak jenis baru kehidupan bakteri telah ditemukan..

5. Danau O'Higgins/San Martín, Chili dan Argentina

Memiliki dua nama karena membentang di dua negara Amerika Selatan yaitu Chili dan Argentina. Di Chili, danau sedalam 836 meter ini disebut Danau O'Higgins karena terletak di dekat Gletser O'Higgins. Di Argentina, danau ini disebut San Martín dan terkenal tidak hanya karena kedalamannya yang 2.743 kaki tetapi juga karena warna pirusnya yang putih susu yang disebabkan oleh pegunungan yang mengelilinginya.

6. Danau Malawi, Mozambik, dan Tanzania

Dikenal sebagai Danau Nyasa, Danau Malawi adalah danau sempit yang membentang di dua negara antara Mozambik dan Tanzania di Afrika. Meskipun luas permukaannya tipis dan panjang, kedalamannya mencapai 2.316 kaki atau 706 meter. Danau Malawi merupakan danau tua yang diperkirakan berumur 1-2 juta tahun. Danau Malawi menampung sekitar 1000 spesies ikan, rumah bagi 15% ikan air tawar di Bumi.

7. Issyk-Kul atau Danau Ysyk, Kirgistan

Dengan kedalaman 2.192 kaki atau 668 meter, Issyk-Kul di Kirgistan adalah danau asin yang berarti danau tertutup dengan kadar garam yang tinggi. Issyk-Kul terletak di ketinggian 5.270 kaki atau 1.606 meter di pegunungan Tien Shan. Di negara tersebut, danau ini secara lokal disebut Ysyk-Köl, yang diterjemahkan menjadi “Danau Panas” karena danau tidak pernah membeku meskipun letaknya tinggi.

8. Danau Great Slave, Kanada

Danau Great Slave adalah danau terdalam di seluruh Amerika Utara. Memiliki kedalaman 2.014 kaki atau 614 meter, terletak di Wilayah Barat Laut Kanada. Dinamai berdasarkan kelompok pribumi yang disebut Slave, yang mendiami garis pantai danau sekitar 8.000 tahun yang lalu. Great Slave memiliki luas permukaan yang mencapai 10.502 sq mi, menjadikannya danau terbesar kedua di Kanada.

9. Danau Crater, Amerika Serikat

Memiliki kedalaman 1.943 kaki atau 594 meter. Air di danau terkenal dengan keindahannya yang berwarna biru, berasal langsung dari salju atau hujan. Tidak ada pintu masuk dari saluran air atau sumber air lainnya. Hal ini memastikan bahwa tidak ada endapan mineral yang terbawa ke dalam danau, melestarikan warnanya yang kaya dan menjadikannya salah satu badan air terbersih dan terjernih di planet ini.

10.  Danau Matano, Indonesia

Danau Matano atau juga disebut Matana adalah sebuah danau alami yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia. Dengan kedalaman hingga 1.940 kaki atau 590 meter, ketinggian permukaannya di atas permukaan laut rata-rata hanya 382 meter (1.253 kaki). Ini menunjukkan bahwa bagian terdalam danau berada di bawah permukaan laut. Terdapat Festival Danau Matano tiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

danau laut sulawesi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top