Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip 10 Makanan Khas yang Sering Ditemui pada Hari Raya Iduladha

Hampir selalu tersaji di meja makan, ini deretan makanan khas perayaan Hari Raya Iduladha.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  19:47 WIB
Tongseng - wikipedia.org
Tongseng - wikipedia.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari, di mana perayaan tepat jatuh pada 10 Juli 2022.

Tentunya, hampir semua umat muslim melakukan persiapan agar tak melewatkan momen kebersamaan ini.

Mempersiapkan aneka makanan juga menjadi hal yang wajib sebagai pelengkap silaturahim bersama keluarga dan sanak saudara.

Makanan yang disajikan biasanya berupa makanan olahan daging hasil pemotongan qurban.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 makanan khas yang sering ditemui saat perayaan Idul Adha.

1. Gorengan Kambing

Jakarta memiliki makanan khas lebaran Idul Adha yakni gorengan kambing. Sajian ini berupa lauk dari daging dan jeroan kambing yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah pekat. Gorengan kambing biasanya mudah dijumpai di daerah Kebon Kacang, Karet Pedurenan dan Pejompongan.

2. Semur

Bagi orang Jakarta, makanan ini menjadi makanan khas yang dianggap harus ada saat Idul Adha. Makanan betawi ini diracik dengan berbagai bumbu rempah dan menggunakan kecap sehingga menghasilkan kuah yang berwarna coklat pekat. Makanan ini cocok untuk dihidangkan dengan berbagai masakan lainnya. Biasanya semur dimakan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk atau emping agar lebih lezat.

3. Nasi Kebuli

Menu makanan favorit khas Idul Adha selanjutnya adalah nasi Kebuli. Olahan nasi dari Timur Tengah ini memiliki cita rasa yang khas dan gurih. Biasanya, nasi kebuli dimasak dengan campuran kaldu kambing dan disajikan dengan daging kambing yang ditumis dengan aneka rempah seperti bawang-bawangan, lada, ketumbar, jintan, cengkeh, kapulaga, pala, kayu manis, dan minyak samin

4. Rabeg

Berbagai daerah tentu punya masakan khasnya masing-masing. Seperti di Banten, yang punya hidangan khas, yakni rabeg. Rabeg merupakan olahan daging dan jerohan kambing yang dimasak dengan bumbu berupa tomat, garam, merica, gula merah, kayu manis, pala dan kecap manis.

Rabeg merupakan hidangan hasil akulturasi antara makanan Timur Tengah dan Banten. Konon, Sultan Banten mencicipi masakan serupa di Timur Tengah dan ketika pulang ke Banten, terciptalah masakan bernama rabeg.

5. Sambal Goreng Ati

Makanan yang biasanya dihidangkan saat hari raya Idul Adha selanjutnya adalah sambal goreng ati, yang biasanya dihidangkan dengan ketupat.

Seperti namanya, makanan satu ini berupa sambal goreng dengan isian kentang yang dipotong dadu, ati ayam dan biasanya dilengkapi dengan potongan petai.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan idul adha kuliner
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top