Tongseng/wikipedia.org
Kuliner

Intip 10 Makanan Khas yang Sering Ditemui pada Hari Raya Iduladha

Arlina Laras
Rabu, 6 Juli 2022 - 19:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari, di mana perayaan tepat jatuh pada 10 Juli 2022.

Tentunya, hampir semua umat muslim melakukan persiapan agar tak melewatkan momen kebersamaan ini.

Mempersiapkan aneka makanan juga menjadi hal yang wajib sebagai pelengkap silaturahim bersama keluarga dan sanak saudara.

Makanan yang disajikan biasanya berupa makanan olahan daging hasil pemotongan qurban.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 makanan khas yang sering ditemui saat perayaan Idul Adha.

1. Gorengan Kambing

Jakarta memiliki makanan khas lebaran Idul Adha yakni gorengan kambing. Sajian ini berupa lauk dari daging dan jeroan kambing yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah pekat. Gorengan kambing biasanya mudah dijumpai di daerah Kebon Kacang, Karet Pedurenan dan Pejompongan.

2. Semur

Bagi orang Jakarta, makanan ini menjadi makanan khas yang dianggap harus ada saat Idul Adha. Makanan betawi ini diracik dengan berbagai bumbu rempah dan menggunakan kecap sehingga menghasilkan kuah yang berwarna coklat pekat. Makanan ini cocok untuk dihidangkan dengan berbagai masakan lainnya. Biasanya semur dimakan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk atau emping agar lebih lezat.

3. Nasi Kebuli

Menu makanan favorit khas Idul Adha selanjutnya adalah nasi Kebuli. Olahan nasi dari Timur Tengah ini memiliki cita rasa yang khas dan gurih. Biasanya, nasi kebuli dimasak dengan campuran kaldu kambing dan disajikan dengan daging kambing yang ditumis dengan aneka rempah seperti bawang-bawangan, lada, ketumbar, jintan, cengkeh, kapulaga, pala, kayu manis, dan minyak samin

4. Rabeg

Berbagai daerah tentu punya masakan khasnya masing-masing. Seperti di Banten, yang punya hidangan khas, yakni rabeg. Rabeg merupakan olahan daging dan jerohan kambing yang dimasak dengan bumbu berupa tomat, garam, merica, gula merah, kayu manis, pala dan kecap manis.

Rabeg merupakan hidangan hasil akulturasi antara makanan Timur Tengah dan Banten. Konon, Sultan Banten mencicipi masakan serupa di Timur Tengah dan ketika pulang ke Banten, terciptalah masakan bernama rabeg.

5. Sambal Goreng Ati

Makanan yang biasanya dihidangkan saat hari raya Idul Adha selanjutnya adalah sambal goreng ati, yang biasanya dihidangkan dengan ketupat.

Seperti namanya, makanan satu ini berupa sambal goreng dengan isian kentang yang dipotong dadu, ati ayam dan biasanya dilengkapi dengan potongan petai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro