Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agenda Wisata Hari Ini: Festival Buah dan Bunga, dan Festival Golok

Berikut perincian acara dua festival tersebut yang bisa Anda datangi untuk liburan bersama keluarga:
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Juli 2022  |  08:32 WIB
Agenda Wisata Hari Ini: Festival Buah dan Bunga, dan Festival Golok
Buah-buahan - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - 3 Juli 2022 hari ini, ada dua festival yang bisa Anda saksikan sebagai momen menikmati liburan.

Pertama adalah festival Festival Bunga dan Buah 2022 di Berastagi dan Golok Day Faestival dan Golok Day Festival di Cilegon Banten.

Berikut perincian acara dua festival tersebut yang bisa Anda datangi untuk liburan bersama keluarga:

1. Festival Bunga dan Buah 2022

Ini adalah salah satu festival terbesar di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, dan udah rutin diadakan sejak tahun '80-an. Setelah absen dua tahun, perhelatan akbar ini siap kembali lagi buat menunjukkan kekayaan alam, budaya, sekaligus mengenalkan pesona wisata Berastagi. 

Festival tahunan ini juga pengin nunjukin semangat buat meraih kembali kejayaan wisata Karo di tengah pandemi dengan mengangkat tema “We Survived the Pandemic". Yuk, langsung cek detail kegiatannya!

Kamu bisa nonton pawai sampai makan Buah Gratis! Acara dipusatkan di Lapangan Mejuah-juah, Berastagi, Kabupaten Karo. Yang wajib diperhatikan juga adalah event ini akan menerapkan protokol kesehatan CHSE.

Pawai Kontingen dan Karnaval Mobil Hias akan menjadi kegiatan pembuka. Kamu bakal melihat puluhan kendaraan yang dihias dengan aneka bunga, buah, dan sayur lokal. Siap-siap juga buat menyaksikan kejutan yang ditampilkan para peserta fashion show yang mengenakan pakaian hingga aksesori dengan nuansa bunga dan buah.

Festival Bunga dan Buah 2022 juga akan menghadirkan Panggung Hiburan Rakyat yang akan dimeriahkan oleh artis lokal dan nasional.

Festival yang diselenggarakan atas kolaborasi Pemerintah Kabupaten Karo dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini juga akan mempersembahkan Pameran Menara Buah dan Bunga yang ukurannya super besar dan tinggi. Kamu juga bisa ikutan makan buah gratis, lho! Berbagai komoditas unggulan Tanah Karo pun bakal disajikan, termasuk jeruk berastagi yang kelezatannya sudah terkenal.

Sebagai event yang bertujuan buat mendorong bangkitnya ekonomi lokal dan bisa membuka banyak lapangan kerja, Festival Bunga dan Buah 2022 akan menyiapkan area pameran. 

Berbagai kuliner, jajanan, dan kreasi minuman khas Indonesia dan Sumatra Utara di Pojok Kuliner. Siapa, nih, yang doyan ngopi? Event ini bakal menghadirkan program Kampung Kopi sehingga kamu bisa melihat aneka olahan kopi karo.

2. Golok Day Festival, Cilegon 

Festival Golok merupakan acara yang bertujuan untuk melestarikan senjata khas Cilegon Kota yaitu Golok, selain itu Festival Golok merupakan tempat berkumpulnya para pendekar silat yang pernah berjuang untuk Kota Cilegon pada masa penjajahan.

Festival ini pertama kali diadakan pada tanggal 10 November 2015 yang bertempat di Cibeber Bundaran Perumnas, Kabupaten Cilegon. Para pendekar di Cilegon selalu membawa parang dalam setiap kegiatan yang berlatar belakang budaya, karena pada dasarnya parang
merupakan pelengkap pakaian pendekar silat.

Peran parang selalu bersama sang pendekar, sehingga golok digunakan sebagai acara festival untuk mengingatkan perjuangan para pendekar melawan kolonialisme. Parang adalah pisau besar yang terbuat dari besi atau baja yang digunakan untuk membelah dan memotong. Selama perjuangan, parang menjadi alat atau senjata untuk perang, karena pada saat itu Indonesia belum memiliki senjata yang canggih.

Misalnya peristiwa bersenjata orang Cilegon melawan kekuasaan Belanda Hindia Timur pada tanggal 9 Juli 1888.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

festival golok
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top