Koordinator Strategi dan Komunikasi Wisata Alam, Budaya dan Buatan Direktorat Wisata Minat Khusus Kemenparekraf Betsy Dian Astri (kedua kanan) berbincang dengan Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Rahayuningsih (kedua kiri), Redaktur Pelaksana Bisnis Indonesia Gajah Kusumo (kiri) dan GM Bisnis Indonesia Gagaskreasitama Irsad Sati (kanan) saat acara Workshop Produksi Konten Wisata Minat Khusus pada Media Website Indonesia.travel di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022)/Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.
Travel

Dorong Promosi Wisata Minat Khusus, Kemenparekraf Jalani Pelatihan Produksi Konten dengan Bisnis Indonesia

Dany Saputra
Jumat, 1 Juli 2022 - 18:37
Bagikan

Bisnis.com, BEKASI -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf bekerja sama dengan Bisnis Indonesia menggelar pelatihan promosi konten wisata minat khusus.

Selama dua hari ini yakni Jumat (1/7/2022) sampai dengan Sabtu (2/7/2022), pelatihan dilakukan guna membantu upaya pemerintah dalam mempromosikan wisata khusus, atau yang spesifik termotivasi oleh aktivitas dan ketertarikan tertentu dalam berwisata. Contohnya wisata kesehatan, bahari, kuliner, peninggalan budaya, dan petualangan.

Koordinator Strategi dan Komunikasi Wisata Alam, Budaya, dan Buatan Direktorat Wisata Minat Khusus Kemenparekraf Besty Dian Astri mengatakan bahwa promosi destinasi wisata khusus dilakukan melalui website indonesia.travel. 

"Jadi destinasi wisata dengan pendekatan minat khusus itu berdasarkan aktivitas. Misalnya, masyarakat menyukai kegiatan selam [diving], kami menyediakan informasi terkait dengan diving spot," terangnya pada Workshop Produksi Konten Wisata Minat Khusus bersama Bisnis Indonesia, Jumat (1/7/2022).

Untuk itu, Direktorat Wisata Minat Khusus Kemenparekraf menjalani pelatihan promosi melalui konten tulisan dan visual (foto dan video) guna mengoptimalkan pengetahuan masyarakat terkait dengan wisata minat khusus. Sesi pelatihan atau workshop selama dua hari akan diisi oleh Bisnis Indonesia.

Pada hari pertama, Jumat (1/7/2022), pelatihan berfokus untuk mengembangkan konten tulisan melalui news portal serta konten media sosial.

Pada sesi pertama workshop, Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Rahayuningsih menjelaskan cara kerja redaksi. Selayaknya kerja redaksi media pemberitaan sekarang, perempuan yang akrab disapa Ayu ini mendorong kolaborasi antara penanggung jawab konten tulisan dengan tim teknologi informasi (information technology/IT) dan SEO (searcn engine optimization).

"Konten tanpa peran mereka akan sulit secara organik muncul di mesin pencarian. Upayakan koordinasi yang intens dengan dua divisi tersebut," jelasnya.

Pelatihan pada hari kedua, Sabtu (2/7/2022), peserta dari Kemenparekraf akan mengikuti workshop konten visual (foto) dan audiovisual (video). Selama pelatihan, peserta akan diminta membuat konten tulisan serta foto tentang pariwisata dan nantinya akan dievaluasi bersama pengisi sesi workshop.

Adapun, seluruh sesi pelatihan akan diisi oleh Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Rahayuningsih, Redaktur Pelaksana Bisnis Indonesia Gajah Kusumo, GM Digital Strategy dan Content Creator Bisnis.com Arnis Wigati, Redaktur Fotografi Firman Wibowo dan Yayus Yuswoprihanto, serta Content Producer Bisnis TV David Eka Issetiabudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro