Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menilik Desa Wisata Taro, Hidden Gem di Gianyar

Jika Anda berminat untuk liburan ke desa wisata taro, berikut beberapa destinasi wisata unggulan Desa Taro yang menarik:
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  15:54 WIB
Menilik Desa Wisata Taro, Hidden Gem di Gianyar
Desa Wisata Taro di Gianyar

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia terkenal dengan desa-desa wisatanya yang indah dan menarik dikunjungi, salah satunya adalah desa wisata Taro.

 Desa Wisata Taro merupakan desa tua di Bali yang kaya akan kisah dan peninggalan budaya masa lampau. Berada di kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali

Sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar. Terletak di ketinggian 600-750 meter di atas permukaan laut, membuat Desa Taro memiliki hawa sejuk dan dingin.

Dahulu, Desa Wisata Taro dikenal dengan nama Bhumi Sarwa Ada yang berarti semua ada, sebutan yang sesuai. Sebab di Desa Taro terdapat beragam pesona alam yang memanjakan mata wisatawan.

Jika Anda berminat untuk liburan ke desa wisata taro, berikut beberapa destinasi wisata unggulan Desa Taro yang menarik:

1. Konservasi Lembu Putih Bali

Desa Taro merupakan satu-satunya desa di Bali yang memiliki taman konservasi lembu putih, salah satu satwa yang disucikan dan dihormati di desa tersebut. Di kawasan tersebut, lembu putih dirawat dengan baik karena sering dilibatkan dalam upacara besar.

2. Penangkaran Kunang-kunang

Kawasan penangkaran ini memiliki ukuran 6x30 meter yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi dari sore hingga malam hari. Terletak di habitat alami yaitu sawah, membuat kawasan ini memiliki udara yang segar, air bersih yang mengalir, dan banyak tanaman di sekitarnya untuk mendukung pertumbuhan kunang-kunang.

3. Semara Ratih

Objek wisata ini merupakan Kawasan hutan bambu yang sudah ditata dengan rapi sehingga enak dipandang, karena Semara Ratih terletak di lembah, pengunjung akan berjalan turun di jalan setapak sambil menikmati pohon-pohon besar, hutan bambu dan melihat dari atas terasering sawah hingga melihat relief Semara Ratih yang diukir didinding dari tanah yang menjadi  icon dari tempat ini, tidak hanya itu saja, di semara ratih juga terdapat pancuran sumber mata air asli dan sungai yang dapat digunakan untuk melukat atau pembersihan diri.

4. Pura Agung Gunung Raung

Pura ini merupakan salah satu pura yang termasuk dalam Pura Kahyangan Jagat yang ada di Bali. Selain disucikan, pura ini memiliki keunikan karena menghadap ke Timur, di luar kelaziman sebuah pura yang menghadap ke Barat. Keberadaan Pura Agung Gunung Raung tak bisa dilepaskan dari perjalanan suci Maha Rsi Markandeya, yang melihat cahaya dari arah timur saat berada di Gunung Raung, gunung tertinggi di Jawa Timur, sebelum akhirnya melakukan perjalanan ke Bali dan menetap di Desa Taro.

Desa Taro merupakan pemenang daari BCA Desa Wisata Award, sebuah sarana yang memberikan kesempatan bagi desa wisata di Indonesia mempromosikan potensi wisata yang dimilikinya. Sebanyak 464 desa wisata mengikuti kompetisi tersebut, dan Desa Wisata Taro merupakan salah satu pemenang untuk Kategori Alam.

Program ini mengajak masyarakat Indonesia untuk mengunjungi desa-desa wisata dengan potensi wisata yang menarik.

Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA mengungkapkan keindahan yang dimiliki desa-desa wisata di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus dari kita semua. BCA mengajak wisatawan lokal khususnya untuk mengunjungi desa wisata dan turut membantu perekonomian warga lokal di desa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali gianyar DESA WISATA
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top