Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Aman Liburan Naik Kapal

Berikut tips untuk liburan dengan kapal yang aman, nyaman dan menyenangkan
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  12:35 WIB
Tips Aman Liburan Naik Kapal
Tips Aman Liburan Naik Kapal Laut - nps.gov

Bisnis.com, JAKARTA - Ibu dan adik artis Ayu Anjani meninggal dunia dalam kecelakaan kapal tenggelam di Labuan Bajo.

Kapal yang tenggelam itu adalah kapal wisata yang dipakai wisatawan untuk traveling.

Traveling dengan kapal, baik itu kapal wisata atau kapal layar memang berisiko tenggelam.

Karena itu, sebelum Anda bepergian dengan kapal, maka perlu diperhatikan masalah keamanan dan kehati-hatian saat liburan.

Berikut tips untuk liburan dengan kapal yang aman dilansir dari zizoo:

1. Kenakan jaket pelampung ban pelampung

Jaket pelampung dan sabuk pelampung mencegah Anda jatuh dari kapal dan harus menjadi peralatan keselamatan yang sangat penting di atas kapal. Sebelum Anda berlayar, pastikan bahwa setiap penumpang telah mencoba dan memasang rompi mereka dengan benar. Jika Anda bepergian dengan anak-anak, pastikan untuk memeriksa apakah rompi tersebut pas dengan mereka.

2. Ikuti daftar periksa sebelum keberangkatan

Buatlah daftar periksa pra-keberangkatan Anda sendiri atau menggunakan daftar periksa yang sudah ada, seperti ini, sebagai panduan. Dengan cara ini tidak ada yang luput dari pikiran Anda dan semua orang dapat mengikuti prosedur keselamatan yang sama dan telah direncanakan sebelumnya.

Tip: Daftar periksa tidak hanya berguna untuk memastikan semua orang tetap aman. Rencanakan liburan berlayar Anda yang sempurna dengan membuat daftar periksa untuk mengemas pakaian, bahan makanan, atau dokumen perjalanan penting.

3. Berhati-hatilah dengan cuaca

Pastikan untuk mencari tahu kondisi cuaca setempat sebelum berlayar. Jika Anda melihat awan gelap, angin kencang, atau penurunan suhu yang tiba-tiba, mungkin sudah waktunya untuk menghabiskan beberapa jam di darat.

4. Jangan minum alkohol

Tetap fokus di kapal dengan meninggalkan anggur dengan aman di tanah kering. Studi menunjukkan bahwa kemungkinan mengalami kecelakaan berlayar hampir dua kali lipat jika alkohol terlibat. Matahari, angin, dan gelombang laut juga dapat meningkatkan efek alkohol secara drastis.

5. Pakaian dan alas kaki yang benar

Pakaian dan alas kaki yang tepat sangat penting untuk berlayar dan tidak perlu dipikirkan lagi untuk sepuluh tips keselamatan berperahu teratas kami. Sepatu dengan sol non-slip sangat penting untuk manuver docking. Selain pergerakan perahu itu sendiri, tali, cleat, dan peralatan lainnya dapat dengan mudah membuat Anda tersandung.

Pastikan untuk mengemas pakaian tahan air, seperti jas hujan atau bahkan kulit minyak. Jika matahari sedang terik, kenakan t-shirt ringan yang akan tetap melindungi Anda dari sinar matahari. Ingatlah untuk membawa topi untuk menghindari sengatan matahari dan sengatan panas.

6. Ketahui area berlayar Anda

Cari tahu tentang potensi bahaya atau tantangan di area berlayar Anda. Selalu patuhi peraturan navigasi, terutama peraturan lalu lintas. Tetap aman dengan menjaga jarak yang baik dengan perahu air lainnya.

7. Hindari mabuk laut

Perut yang kosong akan lebih mudah menyebabkan mabuk laut daripada perut yang penuh, jadi makanlah sebelum berlayar. Kami akan menyarankan untuk selalu mengemas makanan atau camilan di rumah. Hampir tidak mungkin bagi pemula berperahu untuk menghabiskan banyak waktu di bawah dek, apalagi menyiapkan makanan lengkap. Tidak ada yang ingin liburan berlayar mereka yang sempurna dirusak oleh perut yang sakit!

8. Kemas kotak P3K

Perlengkapan P3K yang baik adalah mutlak harus. Ini termasuk peralatan bedah serta pilihan obat yang baik untuk bepergian: obat untuk mabuk laut, obat pereda nyeri, obat untuk anak-anak, dll.

Sangat penting: tabir surya. Tabir surya harus dipakai setiap hari, terutama jika Anda bepergian di daerah yang cerah seperti laut Mediterania atau Karibia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal wisata kapal tenggelam
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top