Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Planetarium Terbaik di Dunia yang Wajib Dikunjungi Pecinta Astronomi

Berikut daftar planetarium terbaik di dunia yang harus Anda kunjungi sebagai pecinta dunia langit seperti dilansir dari Times of India
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  08:51 WIB
8 Planetarium Terbaik di Dunia yang Wajib Dikunjungi Pecinta Astronomi
8 planetarium terbaik di dunia, salah satunya China Science and Technology Museum, Beijing

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda pecinta astronomi dan juga traveling, pasti senang mengunjungi wilayah yang memiliki plantearium terbaik di negaranya.

Di dunia, ada beberapa planetarium yang pasti akan membuat Anda merasa takjub dengan apa yang Anda lihat.

Bukan hanya kecanggihannya, tapi juga kemampuannya membuat melihat hal-hal yang selama ini tidak terpikirkan. 

Berikut daftar planetarium terbaik di dunia yang harus Anda kunjungi sebagai pecinta dunia langit seperti dilansir dari Times of India: 

1. Museum Sains Kota Nagoya, kota Nagoya, Jepang

Terletak di kota Nagoya, Jepang, ini adalah salah satu planetarium terbesar di dunia. Dibuka pada tahun 1962, dan masuk dalam Guinness Book of Records pada tahun 2011. Ini juga merupakan salah satu planetarium paling berkualitas di dunia. Diameter kubahnya adalah 35 m, sementara memiliki sekitar 350 kursi. Planetarium menggambarkan kemajuan modern dalam teknologi dan teknologi futuristik.

2. Planetarium Hayden, Kota New York

Dianggap sebagai salah satu atraksi utama di New York, planetarium ini dibuka pada tahun 1935. Arsitek planetarium ini menyebutnya 'katedral kosmik'. Ini adalah bagian dari Museum Sejarah Alam Amerika dan terletak di Central Park di New York City. Planetarium ini dibangun sebagai struktur seperti bola, dan sementara bagian atasnya adalah tentang pertunjukan luar angkasa, bagian bawahnya menampilkan Kelahiran Alam Semesta, 'Big Bang Theatre'.

3. L'Hemisferic, Valencia, Spanyol

Terletak di pusat Kota Seni dan Sains di Valencia, didirikan pada tahun 1998. Struktur planetarium ini seperti mata raksasa. Arsitek Valencia yang terkenal Santiago Calatrava merancang arsitektur yang spektakuler ini. Bagian bawah bangunan ini ditutupi dengan kolam air kaca dan memiliki luas sekitar 13.000 m. Bagian tengah bangunan, mis., Bola mata, panjangnya 110 m.

5. Museum Sains dan Teknologi China, Beijing

Terdiri dari teater 3-D, planetarium ini terletak di Museum Ilmu Pengetahuan Alam di Beijing. Teater 3-D-nya memberikan perasaan terjun bebas bagi pemirsanya. Ini adalah planetarium pertama di dunia yang menggunakan laser dan sistem perlindungan Omnimax. Untuk mengalami dan mengamati bintang dan planet dalam definisi tinggi waktu nyata, planetarium ini adalah yang terbaik untuk dipilih. Secara total, planetarium memiliki 442 kursi, dan diameter kubahnya 30 m.

6. Planetarium Albert Einstein, Washington DC

Didirikan pada tahun 1976, Planetarium Albert Einstein terletak di National Air and Space Museum di Washington, DC. Ini fitur dalam daftar museum sains terbaik dan planetarium terbaik di dunia. Pada tahun 2014, planetarium memasang beberapa fitur yang mengesankan dan salah satunya adalah sistem digital full Dome 8k kualitas ultra-tinggi yang baru. Dengan teknologi terbaik dalam seni, ini adalah salah satu atraksi utama di negara ini.

7. Planetarium Galileo Galilei, Buenos Aires, Argentina

Planetarium ikonik ini terletak di taman kota, Bosques de Palermo, di kota Buenos Aires, Argentina. Planetarium ini dirancang oleh Enrique Jan yang awalnya ingin terlihat seperti UFO. Ini terdiri dari 360 kursi dan diameter kubahnya adalah 20 m. Ia juga dikenal sebagai Planetario dan memiliki banyak fitur yang mengesankan, seperti robot dan teknologi 4D. Interiornya dirancang berdasarkan astronomi, matematika, dan geometri. Ini juga memiliki museum di dalamnya dan menyelenggarakan pertunjukan audio-visual interaktif.

8. Planetarium Adler, Illinois, Chicago

Planetarium Adler didirikan pada tahun 1930 dan merupakan salah satu planetarium tertua di dunia, karena merupakan planetarium pertama yang dibangun di Amerika. Ini terdiri dari tiga teater tingkat lanjut, Teater Samuel C., Teater Definiti, dan Teater Langit Grainger. Ini menjadi tuan rumah sejumlah pameran sains dan perkemahan musim panas untuk anak-anak. Planetarium ini memperbarui dirinya dengan perubahan ilmu pengetahuan, sehingga Anda akan memiliki sesuatu yang baru untuk dijelajahi setiap kali Anda mengunjungi tempat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata traveling planetarium
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top