Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2022, Indonesia Termasuk?

Yuk, intip bandara mana saja yang termasuk terbaik di dunia tahun 2022? Adakah salah satunya bandara yang berada di Indonesia?
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  20:42 WIB
Pengunjung mengelilingi Rain Vortex di tengah-tengah Terminal Jewel di Bandara Internasional Changi, Singapura, Kamis (11/4/2019). - Bloomberg/Wei Leng Tay\n
Pengunjung mengelilingi Rain Vortex di tengah-tengah Terminal Jewel di Bandara Internasional Changi, Singapura, Kamis (11/4/2019). - Bloomberg/Wei Leng Tay\\n

Bisnis.com, JAKARTA - SkyTrax telah mengumumkan pemenang Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2022. SkyTrax merupakan sebuah perusahaan pemeringkat penerbangan. Lebih dari 500 bandara dinilai dan penghargaan diberikan melalui survei yang diisi oleh pelanggan. 

Adapun, surveinya bersifat sukarela, tidak ada insentif keuangan untuk bandara atau penumpang, dan tidak ada keterlibatan pihak ketiga dalam pengumpulan survei. Dengan demikian, seluruh proses survei dan penghargaan sepenuhnya didanai oleh SkyTrax.

Melansir dari laman World Airport Awards pada Senin (20/6/2022), data survei yang masuk akan dipantau dan setiap data yang dicurigai atau duplikat akan dihapus.

Survei yang melibatkan lebih dari 100 kewarganegaraan responden dilakukan mulai September 2021 hingga Mei 2022 melalui www.worldairportsurvey.com.

Metodologi penilaian yang mereka gunakan adalah kenyamanan terminal, fasilitas check-in, ketersediaan taksi, keramahan staf bandara, standar kebersihan, keamanan, dan banyak indikator kinerja lainnya.

Yuk, intip bandara mana saja yang termasuk terbaik di dunia tahun 2022? Adakah salah satunya bandara yang berada di Indonesia?

Simak daftarnya bandara terbaik di dunia:

1. Bandar Udara Internasional Hamad

Posisi pertama yang memenangkan Penghargaan Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2022 adalah Bandara Udara Internasional Hamad (Hamad International Airport). Bandara ini terletak di Doha, Qatar. 

Pada 2014, Bandara Internasional Hamad menggantikan Bandara Internasional Doha sebagai bandara utama di Qatar. Bandara ini telah digambarkan sebagai kompleks terminal yang paling mewah dan signifikan secara arsitektur di dunia. Maskapai penerbangan utama di bandara ini adalah Qatar Airways.

2. Bandara Internasional Haneda Tokyo

Bandar Udara Internasional Tokyo Haneda (Tokyo Haneda International Airport) terpilih sebagai pemenang posisi kedua. Bandara ini terletak di Ōta, Tokyo, Jepang.

Bandara Internasional Haneda Tokyo merupakan salah satu bandara tersibuk di Jepang, bahkan di dunia. Maskapai penerbangan utama di bandara ini adalah Skymark Airlines, All Nippon Airways, Skynet Asia Airways, Japan Airlines, dan Air Do.

3. Bandar Udara Changi Singapura

Bandar Udara Changi Singapura (Singapore Changi Airport) dinobatkan sebagai pemenang posisi ketiga. Bandara ini terletak di Changi, Singapura.

Bandara Changi Singapura adalah salah satu pusat penumpang tersibuk di Asia Tenggara. Maskapai penerbangan utama di bandara ini adalah SilkAir, Jetstar Asia Airways, Scoot, dan Singapore Airlines. 

4. Bandar Udara Narita Tokyo

Bandar Udara Narita Tokyo (Tokyo Narita Airport) terletak di Narita, Prefektur Chiba, Jepang. Sebelum diganti, bandara ini memiliki nama Bandar Udara Internasional Tokyo Baru (New Tokyo International Airports).

Bandara Narita Tokyo melayani maskapai penerbangan utama Japan Airlines dan All Nippon Airways.

5. Bandar Udara Internasional Incheon

Bandar Udara Internasional Incheon (Incheon International Airport) terletak di Seoul, Korea Selatan. Bandara ini menggantikan Bandar Udara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik.

Bandara Internasional Incheon merupakan bandara terbesar di Korea Selatan. Selain itu juga termasuk salah satu bandara tersibuk di dunia. Maskapai penerbangan utama di bandara ini adalah China Eastern Airlines, China Southern Airlines, dan Thai Airways.

6. Bandar Udara Paris Charles de Gaulle

Bandara Charles de Gaulle Paris (Paris Charles de Gaulle Airport) terletak di Roissy-en-France, Paris, Perancis. Ini termasuk bandara internasional terbesar di Perancis dan tersibuk di Uni Eropa (UE).

Bandara Paris Charles de Gaulle yang dibuka pada 1974 melayani maskapai penerbangan utama Air France Cargo, Air France, dan FedEx Express.

7. Bandara München

Bandar Udara München (Munich Airport) terletak di Munich, Jerman. Ini adalah bandara tersibuk kedua di Jerman. Maskapai penerbangan utama Bandara Munich adalah Lufthansa.

8. Bandar Udara Istanbul

Bandara Istanbul (Istanbul Airport) terletak di Arnavutköy, Istanbul, Turki. Melayani Istanbul dan Turki, maskapai penerbangan utamanya adalah Turkish Airlines.

9. Bandar Udara Zürich

Bandar Udara Zürich (Zürich Airport) terletak di Zürich, Swiss. Ini termasuk bandara tersibuk di Swiss. Maskapai penerbangan utama di bandara ini adalah Swiss International Air Lines.

10. Bandar Udara Internasional Kansai

Bandara Internasional Kansai (Kansai International Airport) terletak di Osaka, Jepang. Ini merupakan bandara yang menyediakan salah satu jaringan terbesar untuk rute domestik dan internasional dengan operasi 24 jam. Bandara Internasional Kansai dibuka pada tahun 1994.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

qatar bandara bandara changi
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top