Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Tebet Ecopark, Ini 10 Taman di Jakarta yang Instagramable

Selain Tebet Ecopark, berikut daftar taman di Jakarta yang juga tidak kalah instagramable:
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  17:38 WIB
Selain Tebet Ecopark, Ini 10 Taman di Jakarta yang Instagramable, salah satunya taman lapangan banteng - tripadvisor
Selain Tebet Ecopark, Ini 10 Taman di Jakarta yang Instagramable, salah satunya taman lapangan banteng - tripadvisor

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan, nama Tebet Eco Park menjadi viral karena keindahannya pasca direnovasi dan dibuka.

Namun, karena membeludaknya jumlah pengunjung, taman tersebut resmi ditutup sementara hingga akhir Juni 2022 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta melalui Instagram resminya pada 15 Juni 2022 mengatakan Tebet Eco Park hanya ditutup sementara, untuk pemeliharaan dan perbaikan fasilitas.

Selain itu, Pemprov juga akan melakukan persiapan penetapan kawasan Tebet Eco Park sebagai zona emisi rendah setiap akhir pekan.

Selain Tebet Ecopark, berikut daftar taman di Jakarta yang juga tidak kalah instagramable:

1. Taman Menteng

Taman Menteng adalah sebuah taman yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini dulunya ditempati oleh Stadion Menteng. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 2,9 hektar, dan memiliki koleksi 30 spesies tanaman yang berbeda. 

2. Taman lapangan Banteng

Lapangan Banteng, dulu bernama Waterlooplein yaitu suatu lapangan yang terletak di Weltevreden, Batavia; tidak jauh dari Gereja Katedral Jakarta.

3. Taman Langsat

Taman Langsat adalah taman yang berada di di Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan, di belakang Pasar Burung Barito. Taman ini mempunyai luas lahan seluas 3,6 hektar.

4. Taman Ayodya

Taman Ayodya, yang dulu bernama Taman Barito, adalah sebuah taman kota yang berada di Jakarta Selatan. Taman ini berlokasi di atas lahan seluas 7.500 m², dilengkapi dengan kolam buatan seluas 1.500 m² di tengahnya.

5. Taman Kota Srengseng

Taman alam kota yang luas dengan jalan berpaving, peralatan bermain anak-anak & kolam besar.

6. Taman wisata alam Mangrove

Kawasan TWAAK terletak pada dataran rendah (mendekati pantai) dengan profil tanah datar, ketinggian 0 – 2 meter di atas permukaan laut.  Jenis tanah Alluvial Kelabu Tua dengan tekstur Lempung Liat Berdebu.

Jenis flora yang terdapat dalam kawasan  TWA Angke Kapuk terdiri dari jenis-jenis mangrove dan jenis hutan pantai/rawa.  Beberapa jenis mangrove yang mendominasi kawasan ini antara lain : Bidara (Sonneratia caseolaris), Warakas (Acrostichum aureum), Api-api (Avicennia marina), Cantigi (ceriops spp), Buta-buta (Excoecaria agallocha) dan Bakau (Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa).  Sedangkan jenis flora pantai/rawa adalah Waru Laut (Hibiscus tiliaceus), Bluntas (Pluchea indica), Mendongan (Scripus littoralis), Kedondong Laut (Polysia frutucosa), Flamboyan (Delonix regia), Kitower (Deris heterophyla) dan Duri Busyetan (Mimosa sp).

7. Taman kota Cattleya

Taman kota rindang dengan jalur berjalan kaki/joging, kolam kecil di bagian tengah & patung.

8. Taman wisata mangrove PIK

Area rekreasi pusat kota dengan jalan setapak di hutan bakau, plus kolam pancing & monyet lokal.

9. Taman Mataram

Wisata Taman Mataram di Kebayoran Baru DKI Jakarta Selatan Jakarta adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jl. Mataram No.1, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Wisata Taman Mataram di Kebayoran Baru DKI Jakarta Selatan Jakarta adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

10. Taman Sumenep

Taman Sumenep, taman yang telah rampung ditata oleh Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat. Berlokasi di kawasan Tosari, Jakarta Pusat, taman ini mengusung konsep serba terbuka tanpa pagar. Memiliki fasilitas jogging track, outdoor fitness yang ramah untuk teman-teman difabel, juga ragam tanaman hias seperti bakung, kucai mini, lantana, pilo dendron dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

taman tebet eco park
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top