Gran Abuelo tertua di dunia
Travel

Gran Abuelo, Bakal Jadi Pohon Tertua di Dunia?

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 9 Juni 2022 - 15:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda pohon tertua di dunia? Pohon Gran Abuelo yang ditemukan di Taman Nasional Alerce Costero di Chile ini mungkin merupakan pohon tertua di dunia.

Pohon itu, diduga telah berdiri selama berabad-abad ketika batu-batu besar pertama didirikan di Stonehenge, menurut penelitian baru.

Raksasa kuno, alerce (Fitzroya cupressoides) yang dikenal sebagai "Gran Abuelo" (atau kakek buyut dalam bahasa Spanyol) yang menjulang di atas jurang di Andes Chili, mungkin berusia sekitar 5.400 tahun, menurut model komputer baru.

Gran Abuelo, tumbuhan runjung yang menjulang 196 kaki (60 meter) di atas lantai hutan berkabut di Taman Nasional Alerce Costero di Chili, awalnya diperkirakan berusia sekitar 3.500 tahun. Tetapi para ilmuwan tidak pernah menganalisis usianya secara sistematis, kata Barichivich.

Jika waktu itu tepat, maka itu membuat membuat Gran Abuelo berusia hampir 600 tahun lebih tua dari pemegang rekor resmi saat ini, untuk pohon tertua di dunia, pinus bristlecone Great Basin (Pinus longaeva) di California yang dikenal sebagai "Methuselah.

Namun, usia persisnya masih diperdebatkan, karena konfirmasi itu memerlukan analisis cincin pohon metode yang dikenal sebagai dendrokronologi, dan standar emas untuk menentukan usia pohon dan data itu saat ini tidak lengkap.

Data yang mendasari model tersebut belum dirilis secara publik atau diserahkan ke jurnal peer-review.

Sayangnya, saat ini, pohon itu dalam bahaya dan perlu dilindungi, kata Jonathan Barichivich, ilmuwan iklim dan ekologi global di Laboratorium Ilmu Iklim dan Lingkungan di Paris, dan peneliti yang menciptakan model tersebut.

"Ini benar-benar dalam kondisi yang buruk karena pariwisata," dan pohon itu juga telah dipengaruhi oleh perubahan iklim," ungkap Barichivich

Kronologi penemuan pohon tertua di dunia

Pada tahun 2020, Barichivich dan rekannya Antonio Lara, seorang profesor kehutanan dan sumber daya alam di Austral University of Chile, menggunakan teknik tak rusak untuk mengebor inti kecil dari pohon, yang menangkap cincin pohon senilai 2.465 tahun. Namun, penggereknya tidak dapat mencapai bagian tengah pohon yang berdiameter 13 kaki (4 m), yang berarti bahwa banyak lingkaran pertumbuhan pohon alerce tidak dapat dihitung.

Untuk memperhitungkan sisa tahun pertumbuhan, tim mengembangkan model matematika yang memperhitungkan bagaimana F. cupressoides tumbuh pada tingkat yang berbeda, dari pohon muda hingga pohon dewasa. Model ini juga memasukkan variasi dalam tingkat pertumbuhan berdasarkan persaingan dan fluktuasi lingkungan dan iklim.

Tim kemudian menggunakan model tersebut untuk mensimulasikan lintasan pertumbuhan pohon 10.000 kali, kata Barichivich. Simulasi tersebut memberikan kisaran usia yang diprediksi untuk Gran Abuelo.

Model memperkirakan pohon itu kemungkinan besar berusia sekitar 5.400 tahun, Barichivich menjelaskan. Usia pohon yang paling tua adalah 6.000 tahun; ada sekitar 80% kemungkinan pohon itu berumur lebih dari 5.000 tahun; dan semua lintasan pertumbuhan yang disimulasikan memperkirakan usianya setidaknya 4.100 tahun, katanya.

"Bahkan jika pohon itu tumbuh sangat cepat, untuk ukuran sebesar itu, tidak mungkin lebih muda dari itu," katanya.

Sementara pohon itu telah bertahan selama ribuan tahun, masa depannya diragukan, kata Barichivich.

Pohon kuno itu telah dikelilingi oleh jalan setapak sempit yang menghancurkan akar terakhirnya yang masih hidup, katanya, dan banyak turis yang datang untuk melihat pohon itu setiap tahun melakukan kerusakan lebih lanjut ketika mereka berjalan di atasnya.

Perubahan iklim dan kekeringan 10 tahun yang menyertainya juga telah merusak kewaspadaan yang agung; pohon kedua yang tumbuh dari atas raksasa yang menjulang tinggi itu sekarang sedang sekarat, katanya.

Untuk melindungi Gran Abuelo dari kerusakan lebih lanjut, Barichivich dan rekan-rekannya telah mengusulkan untuk menempatkan selubung jaring setinggi 10 kaki (3 m) di sekitar pohon untuk mencegah orang mendekat. Mereka juga merekomendasikan untuk memindahkan jalan setapak lebih jauh dari sistem akar kuno pohon, katanya kepada Live Science.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro