Petugas Balai Konservasi Borobudur menyemprotkan disinfektan pada sebuah stupa Candi Borobudur untuk mengantisipasi Virus Corona (COVID-19)./Antara-Heru Suyitno
Travel

Rencana Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur, Ini Harga Tiket Terkini

Amanda Kusumawardhani
Rabu, 8 Juni 2022 - 08:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko atau TWC (Persero) menyatakan harga tiket masuk ke kawasan tersebut masih sama di tengah rencana penerapan kenaikan tarif tiket naik ke Candi Borobudur Rp750.000.

Berikut rincian harga tiket masuk sesuai keterangan pengelola dan juga yang tertera pada situs borobudurpark.com, dikutip Rabu (8/6/2022).

Tiket masuk kawasan Candi Borobudur untuk wisatawan domestik atau lokal dibanderol Rp50.000 untuk usia 10 tahun ke atas. Wisatawan lokal dengan usia 3-10 tahun dibanderol Rp25.000.

Sementara itu, tiket wisatawan lokal khusus rombongan pelajar atau mahasiswa minimal 20 orang dibanderol Rp25.000 per orang.

Kemudian, tiket wisatawan mancanegara dibanderol US$25 atau setara Rp350.000 per orang. Wisatawan mancanegara kategori anak-anak dibanderol US$15 atau sekitar Rp210.000 per orang.

Berdasarkan situs tersebut, memang belum ada regulasi yang mengatur harga tiket wisatawan untuk naik ke atas area stupa Candi Borobudur.

Sampai saat ini wisatawan memang belum diizinkan naik ke atas Candi Borobudur dan hanya diperbolehkan sampai kawasan pelataran candi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengemukakan rencana penerapan kuota maksimal 1.200 orang per hari yang boleh naik bangunan Candi Borobudur.

Terkait dengan kebijakan tersebut, Luhut mengemukakan tarif naik Candi Borobudur untuk wisatawan nusantara diusulan sebesar Rp750.000, wisatawan mancanegara $100, dan untuk pelajar Rp5.000. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro